Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Lesu, Asus Bakal Stop Arloji Pintar ZenWatch?

Kompas.com - 16/05/2017, 16:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Asus merupakan salah satu pabrikan gadget yang aktif di ranah arloji pintar atau smartwatch berbasis OS Android Wear. Salah satu perangkat smartwatch Asus adalah seri ZenWatch.

Meski harganya relatif murah, di kisaran 200 dollar AS (sekitar Rp 2,6 juta), kinerja arloji-arloji pintar Asus kabarnya kurang menggembirakan di pasaran.

Keterangan sumber industri yang dirangkum oleh The Verge menyebutkan bahwa angka pengapalan semua lini Asus ZenWatch hanya berkisar 5.000 hingga 6.000 unit per bulan.

Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan Apple yang kini telah menjelma jadi pemain terbesar di industri smartwatch, dengan shipment mencapai 3,5 juta unit di tiga bulan pertama 2017, menurut data firma riset pasar IDC.

Asus pun dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menyetop produksi ZenWatch lantaran kecilnya angka pengapalan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (16/5/2017).

Apabila benar, maka boleh jadi produk arloji pintar Asus tidak akan mencapai generasi ke-4, sehingga melemahkan posisi platform Android Wear di pasaran smartwatch.

Pabrikan lain seperti Samsung diketahui telah beralih ke platform Tizen, platfomr milik Samsung sendiri untuk lini arloji pintar Gear. Sementara Motorola disinyalir telah menghentikan produksi arloji pintar Moto 360 sampai waktu yang belum jelas.

Di sisi lain, sejumlah brand fashion non-teknologi seperti Tommy Hilfiger dan Hugo Boss diketahui hendak meluncurkan produk smartwatch berbasis Android Wear 2.0.

Baca: Jam Tangan Pintar Apple Kalahkan Fitbit dan Xiaomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com