Sebelum Facebook, Zuckerberg Pernah Bikin ZuckNet

Kompas.com - 24/05/2017, 20:08 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg saat berpidato di Tsinghua University, Beijing FacebookCEO Facebook Mark Zuckerberg saat berpidato di Tsinghua University, Beijing
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Nama Mark Zuckerberg identik dengan media sosial Facebook. Maklumlah, pria jebolan Universitas Harvard ini merupakan pendiri jejaring sosial terbesar di dunia itu. Namun sebelum Facebook, Zuckerberg sebenarnya sudah sering iseng membuat aneka produk teknologi.

Salah satunya adalah ZuckNet yang dibuatnya semasa remaja di kota New York, Amerika Serikat. ZuckNet adalah jaringan chat yang khusus dibuat untuk para penghuni rumahnya.

"Dulu, tempat praktek ayah saya yang seorang dokter gigi tersambung dengan rumah," ujar Zuckerberg dalam sebuah siaran podcast, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Re/code, Rabu (24/5/2017).

"Para dokter gigi dan hygienist perlu saling berbagi data pasien. Jadi saya bikin sistem yang memungkinkan ayah berkomunikasi dengan orang-orang di ruangan lain, sekaligus ngobrol dengan saya dan adik saya di lantai atas," terangnya mengenai ZuckNet.

Ketika membikin ZuckNet, Zuckerberg baru berusia sekitar 10 tahun. Jejaring kecil-kecilan itu lantas tersingkir ketika orang-orang rumahnya beralih ke layanan sejenis bikinan perusahaan besar.

"Tentu saja, AOL Instant Messenger datang dan semua orang memakai itu," kata Zuckerberg. Ironisnya, di kemudian waktu, AOL kalah jauh dibanding raksasa teknologi ciptaan Zuckerberg, yakni Facebook.

Perusahaan jejaring sosial yang didirikannya saat masih berkuliah itu kini telah tumbuh menjadi salah satu entitas teknologi paling terpandang di dunia.

Soal chatting, Facebook memiliki dua layanan, WhatsApp dan Messenger, yang masing-masing saat ini punya lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

Baca: Cerita di Balik Pencitraan Mark Zuckerberg



Sumber Re/code
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X