Kompas.com - 30/05/2017, 16:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Snap Inc. diam-diam memperkuat upayanya masuk ke ranah hardware. Perusahaan di balik aplikasi ephemeral messaging Snapchat ini belakangan diketahui telah mengakuisisi perusahaan pembuat drone pada akhir 2016 lalu.

Pabrikan drone bernama Ctrl Me Robotics tersebut merupakan perusahaan kecil yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat.

Nilai akuisisinya disebutkan kurang dari satu juta dollar AS, sudah termasuk peralatan dan aset perusahaan. Pendiri Ctrl Me Robotics, Simon Nielsen pun ikut diboyong oleh Snap Inc.

Ctrl Me Robotics sendiri merupakan perusahaan yang memodifikasi dan mengembangkan drone custom oprekan, khususnya drone pembawa kamera untuk studio film setempat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (30/5/2017).

Beberapa waktu lalu, Ctrl Me Robotics pernah mengunggah posting Instagram yang memperlihatkan gimbal drone eksperimental yang bisa dipasangi smartphone sehingga mampu mengambil foto atau video dari udara.


Tak jelas apakah Ctrl Me Robotics pernah mengembangkan drone yang benar-benar buatan sendiri, bukan buatan pihak lain yang dioprek. Startup ini sempat memperoleh sejumlah seed funding dari investor pada 2014, tapi tak pernah benar-benar mendapat traksi.

Adapun Snapchat pada September tahun lalu mengumumkan perubahan fokus ke hardware. Perusahaan dinamai ulang sebagai “Snap”. Pada Maret 2017, Snap Inc. melakukan pelepasan saham perdana senilai 30 miliar dollar AS.

Produk hardware yang ditelurkan Snap terhitung belum banyak dan belum berkontribusi signifikan ke pemasukan perusahaan.

Dari angka pendapatan 150 juta dollar AS di kuartal pertama tahun ini, hanya 8 juta dollar AS yang disumbang oleh produk hardware berupa kacamata berkamera, Spectacles.

Baca: DJI Bikin Drone Berkamera 100 Megapiksel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.