Kompas.com - 10/07/2017, 13:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, populasi sistem Android 7.0 Nougat merangkak naik. Sistem operasi Android teranyar ini pada awal Juli tercatat sudah menyentuh angka "dua digit".

Sebanyak 11,5 persen perangkat Android yang beredar saat ini sudah menjalankan Nougat, menurut data distribusi OS Android yang dirilis oleh Google.

Angka tersebut naik dari 9 persen yang tercatat sebulan sebelumnya pada Juni lalu, seiring dengan makin banyaknya jumlah perangkat yang mendapat update Nougat dari vendor masing-masing.

Asus, misalnya, telah mulai menyalurkan update Nougat untuk perangkat ZenFone 3 Zoom dan Laser pada bulan Juni, begitu juga Motorola X Play dan X Force serta sejumlah model dari Lenovo dan Sony.

Nougat bukan satu-satunya versi Android yang mengalami kenaikan populasi. Versi sebelumnya, Android 6.0 Marshmallow, tercatat juga mengalami pertumbuhan jumlah perangkat dari 31,2 persen bulan lalu menjadi 31,9 persen.

Sementara, populasi versi Android yang lebih lawas cenderung turun. Seperti misalnya Android 5.0 Lollipop yang berkurang dari 30,8 persen ke 30,1 persen di periode yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (10/7/2017).

Sejumlah versi Android yang sudah sangat uzur tercatat masih eksis, meski dengan persentase populasi di bawah satu persen, yakni Gingerbread (Android 2.3.3-2.3.7) dan Ice Cream Sandwich (Android 4.0.3- 4.0.4).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.