Kompas.com - 17/07/2017, 10:38 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Iklan yang tiba-tiba muncul di perangkat genggam, betapapun bagusnya, bisa membuat pengguna merasa kesal dan terganggu. Apalagi jika iklan tersebut tiba-tiba menyusup ke dalam sistem operasi smartphone.

Masalah iklan yang menyusup ini baru saja terjadi pada perangkat Android HTC. Parahnya, iklan tersebut muncul pada keyboard bawaan smartphone dan tidak bisa dihapus sama sekali.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari BGR, Senin (17/7/2017), HTC menggunakan keyboard buatan TouchPal sebagai papan ketik bawaan smartphone-nya.

Saat pengguna sedang mengetik pesan, atau saat keyboard dalam keadaaan terbuka, iklan bakal tiba-tiba muncul, menempel di bagian atas papan ketik. Tak ada tanda silang yang biasanya digunakan untuk menutup iklan.

Baca: HTC Rilis U11, Android yang Bisa Diremas

Bila mempertimbangkan bahwa aplikasi keyboard tersebut dibuat oleh TouchPal, bisa disimpulkan bahwa HTC sebenarnya tidak bersalah. Pasalnya perusahaan smartphone itu tidak secara sadar atau berniat menyusupkan iklan dalam keyboard.

Kesalahan ini justru ada di tangan TouchPal selaku perusahaan pembuat keyboard. TouchPal diduga memasukkan iklan tanpa izin atau membicarakan terlebih dahulu dengan HTC.

Di sisi lain, HTC mestinya tidak membiarkan perusahaan lain bisa dengan mudah mengendalikan komponen penting seperti keyboard.

Akibat masalah iklan yang menyusup ke dalam keyboard ini, pengguna HTC berang dan menuangkan kekesalannya di Twitter. Berikut ini sejumlah kicauan yang menunjukkan kekesalan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.