AMD Mengaku Untung Berkat Demam Bitcoin

Kompas.com - 01/08/2017, 12:37 WIB
Bitcoin http://bitcoinboard.net/Bitcoin
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Demam mata uang virtual (cryptocurrency) Bitcoin dan Ethereum yang semakin mengemuka turut melonjakkan angka permintaan terhadap komponen kartu grafis untuk komputer.

Chip pengolah (GPU) di kartu grafis memang lebih andal dan efisien dibanding CPU untuk urusan "menambang" alias mining mata uang virtual.

Para pabrikan kartu grafis pun kecipratan untung karena produknya lebih cepat habis di pasaran, di samping bisa dijual dengan harga lebih tinggi karena tingginya demand.

Hal ini diakui oleh AMD selaku salah satu pabrikan kartu grafis dengan chip Radeon. "Kami melihat permintaan yang tinggi untuk cryptocurrency," ujar CEO AMD Lisa Su dalam konferensi pengumuman laporan keuangan perusahaannya, pekan lalu.

Para penambang Bitcoin dan Etherium turut berandil mendongrak kenaikan profit bisnis kartu grafis AMD, yang mencatat pertumbuhan 51 persen dibandingkan tahun lalu.

Meski begitu, Su mengatakan pihaknya skeptis demam cryptocurrency bakal berkesinambungan. Karena itu dia lebih memprioritaskan pasokan produk untuk rekanan tradisional seperti retailer PC game.
 
"Kami tak melihatnya (cryptocurrency) sebagai pendorong pertumbuhan jangka panjang. Tapi kami akan terus memantau perkembangannya," lanjut Lisa Su, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (1/8/2017).

Pekan ini, AMD baru saja memperkenalkan seri kartu grafis Radeon RX Vega. Produk yang dibanderol dengan harga mencapai 699 dollar AS termasuk pendingin liquid-cooling itu menandai kembalinya AMD ke ranah kartu grafis kelas atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Harga Bitcoin Tembus Rp 26 Juta per Keping



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.