Kompas.com - 08/08/2017, 16:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook getol mencomot fitur Snapchat untuk diterapkan di produk-produknya, macam Instagram Stories serta Status di WhatsApp dan Facebook.

Google pun agaknya berminat melakukan hal serupa. Raksasa internet ini belakangan dikabarkan ingin membuat fitur baru yang serupa dengan “Discover” di Snapchat.

Discover memungkinkan aneka pemilik brand membuat konten visual untuk dibagikan melalui Snapchat. Nah, Google disinyalir hendak membuat fitur bernama “Stamp” yang mirip dengan Discover.

Stamp kabarnya akan disematkan di Accelerated Mobile Platform (AMP) Google yang mengoptimalkan web mobile supaya lebih cepat dimuat.

Baca: Durasi Penggunaan Instagram Stories Lampaui Snapchat

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (8/8/2017), menyebutkan bahwa Stamp nantinya bisa berbentuk “slide berisi teks, foto, dan video.”

Google sendiri masih belum mau banyak berkomentar. Seorang juru bicara hanya mengatakan bahwa pihaknya akan “terus berkolaborasi” dengan para penerbit web, tanpa merinci apa bentuk kolaborasinya.

Jika benar Stamp akan muncul, maka boleh jadi aneka konten web AMP Google bakal berkembang menjadi lebih dari sekadar versi ringan dari situs-situs mobile.

Google kabarnya sudah berbicara dengan sejumlah publisher tentang kemungkinan partisipasi mereka di Stamp. Para penerbit ini antara lain Vox Media, CNN, The Washington Post, dan Time.

Baca: Snapchat Rugi Dua Kali Lipat dari Tahun Lalu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.