Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Google Bikin Fitur ala Snapchat?

Kompas.com - 08/08/2017, 16:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook getol mencomot fitur Snapchat untuk diterapkan di produk-produknya, macam Instagram Stories serta Status di WhatsApp dan Facebook.

Google pun agaknya berminat melakukan hal serupa. Raksasa internet ini belakangan dikabarkan ingin membuat fitur baru yang serupa dengan “Discover” di Snapchat.

Discover memungkinkan aneka pemilik brand membuat konten visual untuk dibagikan melalui Snapchat. Nah, Google disinyalir hendak membuat fitur bernama “Stamp” yang mirip dengan Discover.

Stamp kabarnya akan disematkan di Accelerated Mobile Platform (AMP) Google yang mengoptimalkan web mobile supaya lebih cepat dimuat.

Baca: Durasi Penggunaan Instagram Stories Lampaui Snapchat

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (8/8/2017), menyebutkan bahwa Stamp nantinya bisa berbentuk “slide berisi teks, foto, dan video.”

Google sendiri masih belum mau banyak berkomentar. Seorang juru bicara hanya mengatakan bahwa pihaknya akan “terus berkolaborasi” dengan para penerbit web, tanpa merinci apa bentuk kolaborasinya.

Jika benar Stamp akan muncul, maka boleh jadi aneka konten web AMP Google bakal berkembang menjadi lebih dari sekadar versi ringan dari situs-situs mobile.

Google kabarnya sudah berbicara dengan sejumlah publisher tentang kemungkinan partisipasi mereka di Stamp. Para penerbit ini antara lain Vox Media, CNN, The Washington Post, dan Time.

Baca: Snapchat Rugi Dua Kali Lipat dari Tahun Lalu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com