Telkomsel Rilis Aplikasi Roli dengan Bonus Kuota Tiap Bulan - Kompas.com

Telkomsel Rilis Aplikasi Roli dengan Bonus Kuota Tiap Bulan

Kompas.com - 19/09/2017, 14:00 WIB
VP Digital Advertising & Analytics Telkomsel Harris Wijaya (kiri) menunjukkan aplikasi Telkomsel Roli ke awak media di Jakarta, Selasa (19/9/2017).Yoga Hastyadi/KOMPAS.com VP Digital Advertising & Analytics Telkomsel Harris Wijaya (kiri) menunjukkan aplikasi Telkomsel Roli ke awak media di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel merilis aplikasi Android bernama Roli. Aplikasi ini merupakan platform iklan digital yang dipadukan dengan reward untuk para pelanggan.

Hal menarik dari Roli adalah adanya bonus kuota data gratis, khusus nomor Telkomsel yang aktif, sebesar 300 MB setiap bulan. Kuota itu bisa terus dinikmati pengguna selama masih memasang aplikasi Roli dan mengaktifkan fitur bonus pulsa.

Sebagai kompensasi bonus tersebut, aplikasi Roli bakal menayangkan iklan atau promosi ke lockscreen smartphone pengguna. Selain itu aplikasi juga bisa menayangkan berita terkini atau foto sesuai pengaturan.

"Iklannya nanti akan dibuat bergantian. Kalau menurut survei kami, secara rata-rata orang bisa membuka dan menutup lockscreen smartphone hingga 140 kali sehari. Dari jumlah itu tentu gak semuanya diberi iklan, akan variasi dengan berita dan foto," terang VP Digital Advertising & Analytics Telkomsel, Harris Wijaya, usai peluncuran aplikasi Roli di Jakarta, Selasa (19/9/207).

"Pengguna yang pasang Roli, mesti mengaktifkan fitur bonus kuota untuk bisa mendapatkan kuota 300 MB setiap bulan. Pokoknya selama fitur itu nyala, akan dapat bonusnya setelah 30 hari. Kalau dimatikan di tengah, belum sebulan, ya tidak dapat," imbuhnya.

Selain pulsa, menurut Harris, pengguna juga bakal mendapatkan berbagai hadiah lain. Apalagi karena memang Roli dibuat sebagai aplikasi untuk memberikan reward.

Hadiah tersebut berbentuk digital, antara lain berupa kuota data, SMS dan telepon. Di masa yang akan datang, perusahaan juga akan menambahnya dengan hadiah berupa kupon tertentu.

Tentu saja hadiah ini tidak begitu saja didapatkan. Pengguna mesti lebih dulu mengumpulkan Koinmu, poin yang berguna sebagai alat tukar. Koinmu diperoleh antata lain dengan mengisi survei atau bermain Wheel of Fortune dalam aplikasi.

Incar anak muda

Harris mengatakan pembuatan aplikasi Roli adalah bagian dari upaya Telkomsel menjangkau anak muda. Jangkauan tersebut nantinya bakal bermanfaat untuk ditawarkan kepada pengiklan.

Wadah tampilnya iklan adalah lockscreen milik pengguna Android, yang secara sukarela memasang Roli dan mengaktifkan fiturnya. Dengan cara demikian, perusahaan bisa mendapatkan monetisasi dari jumlah download, sekaligus memberikan rewards tertentu bagi pelanggan.

Harris mengakui adakalanya iklan yang ditampilkan di smartphone terkesan mengganggu. Namun bagi segmen pengguna muda, katakanlah di usia SMA, iklan itu tidak masalah.

"Pengguna muda di tingkat SMA, dan biasanya early adopter, tidak keberatan dengan iklan seperti itu. Kami juga kan mengiming-imingi dengan kuota 300 MB per bulan. Rata-rata mereka lebih mencari tambahan kuota tersebut," terangnya.

"Sedangkan buat pengiklan, layar kecil seperti smartphone ini sangat menjanjikan. Untuk menarget anak muda, tidak bisa lagi ke TV karena mereka sudah mulai banyak aktifnya di smartphone," imbuhnya.

Saat ini, ujar Harris, Roli sudah diunduh sekitar 100.000 kali. Harapannya aplikasi tersebut bakal diunduh hingga angka 1 sampai 2,5 juta hingga akhir tahun ini.

"Kami yakin itu akan tercapai. Kalau sudah sampai angka jutaan, baru kami percaya diri untuk menawarkan Roli sebagai platform premium," pungkasnya.

Aplikasi Telkomsel Roli sudah bisa diunduh di Google Play Store atau langsung dari tautan ini.


EditorReza Wahyudi

Close Ads X