Kompas.com - 19/09/2017, 16:40 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kemunculan duo iPhone 8 dan iPhone X pekan lalu turut menandai perubahan jajaran harga sejumlah produk Apple. Selain menaikkan harga beberapa model iPad Pro, Apple ternyata ikut diam-diam mendongkrak biaya perbaikan layar iPhone.

Hal tersebut pertama diketahui oleh pengguna Reddit dan kemudian ramai menjadi perbincangan di forum online yang populer di Negeri Paman Sam tersebut.

Besarnya kenaikan harga yang dipatok Apple untuk biaya perbaikan layar adalah 20 dollar AS atau sekitar Rp 260.000. Kenaikan biaya ini berlaku mulai dari iPhone 6S dan iPhone 6S Plus atau yang lebih baru.

The Verge melaporkan bahwa ongkos perbaikan layar iPhone 6S kini menjadi 149 dollar AS (sekitar Rp 2 juta), dari sebelumnya 129 dollar AS (sekitar Rp 1,7 juta). Sementara, Apple mengutip biaya 169 dollar AS (sekitar Rp 2,2 juta) untuk iPhone 6S Plus dan iPhone 7 Plus yang memiliki layar lebih besar, dari sebelumnya 149 dollar AS (sekitar Rp 2 juta).

Baca: iPhone 7 Jet Black Kini Ada Versi Murahnya

Duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang baru pun akan dikenai biaya perbaikan yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (19/7/2017). Biaya-biaya di atas berlaku apabila perangkat yang bersangkutan tidak tercakup dalam garansi AppleCare.

Meski begitu, belum diketahui apakah acuan harga perbaikan layar itu akan diaplikasikan juga di Indonesia atau tidak.

Bagaimana dengan iPhone X yang memiliki layar bezel-less memukau? Apple belum mengungkapkan biaya perbaikan layarnya.

Namun, boleh jadi ongkosnya akan paling mahal dibanding model lain mengingat harga garansi AppleCare iPhone X saja dipatok tertinggi di angka 200 dollar AS, dibandingkan 129 dollar AS untuk iPhone 6S, iPhone 7, dan iPhone 8.

Soal garansi AppleCare ini, Apple pun diam-diam menaikkan biaya yang dikenakan untuk iPhone 6S Plus, 7 Plus, dan 8 Plus ke angka 149 dollar AS, dari sebelumnya 129 dollar AS. Adapun harga garansi AppleCare untuk iPhone 6S, 7, dan 8 tetap sama.

Baca: Melihat Lebih Dekat iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.