Tutup Mesin Pesawat A380 Air France Lepas di Udara, Video Beredar di Twitter

Kompas.com - 01/10/2017, 10:49 WIB
Mesin pesawat A380 Air France AF66 yang penutupnya lepas di udara. IstMesin pesawat A380 Air France AF66 yang penutupnya lepas di udara.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pesawat Airbus A380 maskapai Air France mengalami gangguan di tengah penerbangan. Mesin nomor 4, atau mesin sebelah kanan terluarnya, mengalami disintegrasi di udara dalam penerbangan di atas Samudera Atlantik pada Sabtu (30/9/2017).

Bagian inlet (corong/penutup depan) dan bilah kipas mesin A380 Air France terlepas. Adapun jenis mesin yang digunakan dalam insiden pesawat A380 Air France ini adalah Engine Alliance GP7270. Foto-foto dan video mesin A380 yang mengalami disintegrasi di udara itu pun banyak beredar di media sosial.

Akun Twitter @theamadoor mengunggah video kondisi mesin A380 yang "telanjang" sebagian di udara, kehilangan penutup depannya. Kabel kecil terlihat menggantung dan melambai-lambai tertiup angin.

 


Dikutip KompasTekno dari Avherald, Minggu (1/10/2017), A380-800 Air France registrasi F-HPJE nomor penerbangan AF66, terbang melayani rute Paris Charles de Gaulle (Perancis) ke Los Angeles, Californis (AS).

Pesawat sedang terbang di ketinggian 37.000 kaki, sekitar 200 mil laut sebelah tenggara Nuuk, Greenland saat insiden inlet dan kipas mesin A380 Air France terlepas. Beberapa penumpang melaporkan terdengar suara benturan keras dan diikuti getaran di pesawat.

Baca: Detik-detik Pesawat Jatuh Terekam Kamera Penumpang

Pilot kemudian menurunkan ketinggian ke 31.000 kaki lalu memutuskan untuk mengalihkan pendaratan (divert) ke bandara terdekat, yakni di kota Goose Bay, Kanada.

Pesawat A380 Air France kemudian mendarat dengan selamat, dua jam setelah insiden penutup mesin dan kipas A380 itu terlepas.


Penumpang juga baru bisa turun dari pesawat dua jam kemudian setelah mendarat dan berhenti, karena bandara di Goose Bay tidak memiliki peralatan pendukung (tangga penumpang) untuk melayani pesawat jenis A380.

Insiden sebelumnya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Avherald
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.