WhatsApp Bikin Emoji Sendiri, Mirip Buatan Apple

Kompas.com - 03/10/2017, 10:52 WIB
Logo WhatsApp. Logo WhatsApp.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Selama ini, WhatsApp selalu menggunakan rangkaian emoji hasil desain Apple yang seragam di semua platform aplikasinya, baik untuk iPhone, Mac, Windows, maupun Android.

Namun, perusahaan layanan pesan instan tersebut belakangan diduga berniat menggunakan serangkaian emoji baru yang didesain oleh mereka sendiri.

Rangkaian emoji baru itu diketahui muncul di versi beta teranyar dari aplikasi WhatsApp. Jika Anda mengaktifkan program beta dan menjadi beta tester, maka emoji ini bakal muncul di update terbaru.

Rancangan emoji ala WhatsApp terlihat berbeda dari sebelummnya, namun masih mirip dengan emoji buatan Apple.

Contoh-contoh emoji baru hasil rancangan WhatsApp.Emojipedia Contoh-contoh emoji baru hasil rancangan WhatsApp.

Emojipedia mengungkapkan, sejumlah perbedaan sekaligus kemiripan antara emoji bikinan WhatsApp dan Apple. Emoji "information lady", misalnya, memiliki warna baju dan gaya rambut berbeda.

Sementara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Kamis (3/10/2017), emoji hantu bikinan WhatsApp tak memiliki gradasi di bagian bawah.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan menyalurkan emoji baru rancangan sendiri ini secara meluas. Berhubung baru muncul dalam aplikasi versi beta, ada kemungkinan rangkaian emoji itu akan mengalami perubahan lagi sebelum dirilis.


Berkebalikan dari WhatsApp, Messenger, layanan pesan instan lain yang dimiliki Facebook, justru tak akan memakai emoji rancangan sendirinya lagi yang mulai diterapkan tahun lalu.

Senin kemarin, Facebook mengumumkan bahwa rangkaian emoji di Messenger akan disamakan dengan emoji di aplikasi utama Facebook.

Baca: Pengguna Facebook Messenger Tembus 1,2 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.