Samsung Daur Ulang Galaxy S5 Jadi Penambang Bitcoin

Kompas.com - 31/10/2017, 18:24 WIB
Penambang Bit Coin Daur ulang Ala Samsung Kyle WiesPenambang Bit Coin Daur ulang Ala Samsung
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apa yang dilakukan pada smartphone usang? Kebanyakan orang pasti akan membuang atau membiarkannya begitu saja. Namun, jangan pernah lakukan ini pada Samsung Galaxy S5.

Samsung mendaur ulang smartphone lawasnya itu menjadi alat penambang mata uang digital, Bitcoin. Mesin penambang Bitcoin itu membutuhkan 40 perangkat Samsung Galaxy S5 yang dirangkai sedemikian rupa.

Rangkaian ini kemudian menjalankan sistem operasi khusus yang dibuat Samsung, sehingga perangkat tua tadi dapat beroperasi dengan baik.

Langkah ini tergolong cukup brilian. Selain memperpanjang umur perangkat, penggunaan smartphone daur ulang sebagai alat penghasil Bitcoin juga memakan biaya lebih murah.

Baca juga : Membandingkan iPhone 6 dengan Galaxy S5

Untuk menghasilkan satu Bitcoin, biasanya membutuhkan perangkat komputer dan sistem pendinginan tingkat tinggi, yang tentunya butuh biaya tinggi, bahkan bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samsung juga mengklaim rangkaian Galaxy S5 mereka lebih hemat daya dibandingkan penambangan Bitcoin dengan PC. Selain itu, rangkaian Galaxy S5 juga diklaim lebih ramah lingkungan, karena diciptakan dari perangkat daur ulang.

Daur ulang perangkat lama bukan kali ini saja dilakukan Samsung. Sebelumnya, Samsung pernah melakukan daur ulang pada Samsung Galaxy Tab menjadi sebuah laptop yang dapat menjalankan Ubuntu.

Selain itu, Samsung Galaxy S3 juga pernah disulap menjadi controller pemantau tangki ikan.

 Baca juga : Pendiri Apple Sebut Bitcoin Lebih Baik dari Emas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.