Kompas.com - 10/11/2017, 08:12 WIB
iPad Pro EngadgetiPad Pro
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Tablet iPad yang akan hadir pada 2018 dikabarkan akan mengikuti jejak saudaranya, iPhone X. Apple berencana membubuhkan fitur pengenal wajah atau Face ID dan meniadakan tombol peluncur atau home pada iPad.

Masih belum jelas apakah desain ini akan muncul di semua lini iPad, atau khusus iPad Pro saja.
Fitur yang akan diturunkan ke iPad 2018 selain pengenal wajah adalah layar berbingkai tipis atau bezel less. Untuk teknologi layar OLED, nampaknya masih belum ada rencana untuk digunakan di iPad 2018.

Model iPad yang kemungkinan mirip dengan iPad Pro berlayar 10,5 inci, akan menghapus tombol home dan mengganti kunci perangkat menggunakan Face ID. iPad juga dapat digunakan untuk mengirim animasi emoji dan melakukan transaksi pembayaran.

Baca: Pengiriman Tablet Turun, iPad Tetap Tumbuh

Dengan absennya tombol home, tentu saja bingkai di sisi bawah ipad juga turut hilang, diikuti pinggiran sisi kanan-kiri yang diperkirakan akan semakin tipis. Analis Sekuritas KGI, Ming-Chi Kuo, menuliskan catatan ke investor ketika mengunjungi Apple, bahwa iPad Pro 10,5 inci dan 12,9 inci akan memiliki teknologi Face ID seperti iPhone X.

Namun dari laporan Digital Trend yang dirangkum KompasTekno, Jumat (10/11/2017), tidak disebutkan apakah pemindai sidik jari Touch ID di model iPad Pro saat ini bakal dipertahankan bersama Face ID atau tidak.

Teknologi Face ID menggunakan mesin saraf untuk memetakan kontur dan bentuk wajah secara real time atau saat itu juga. Tidak akan terganggu oleh bentuk rambut, pemakaian aksesoris seperti topi dan tumbuhnya jenggot, bahkan bisa tetap mendeteksi dalam keadaan gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Apple Diam-diam Naikkan Harga iPad, Ada Apa?

Apple meyakinkan bahwa kesempatan untuk mencurangi sistem Face ID hanya satu berbanding satu juta, lebih kecil dibanding Touch ID yang kesempatannya satu banding 50.000.

Kuo memprediksi penggunaan Face ID bakal memacu pengembangan teknologi augmented reality (AR) dan aplikasi pengenal wajah, serta mendorong ekosistem Android untuk mengembangkan teknologi yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.