Pendiri dan CEO Tumblr Mengundurkan Diri

Kompas.com - 28/11/2017, 10:31 WIB
Logo Tumblr. TumblrLogo Tumblr.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - David Karp mendirikan situs blogging Tumblr pada 2007. Kini, 10 tahun setelahnya, CEO muda berusia 30 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya lewat sebuah posting di blog pribadinya.

Konglomerasi media Oath tempat Tumblr bernaung pasca akuisisi Yahoo oleh Verizon membenarkan pengumuman Karp lewat sebuah pernyataan.

“David Karp akan meninggalkan Oath akhir tahun ini,” sebut Oath. “Kami berterima kasih atas komitmen dan passion David dalam mendorong pertumbuhan Tumblr sehingga memiliki 360 juta blog dan 155 miliar posting,”

David Karp pada 2009.Wikipedia David Karp pada 2009.
Tumblr diakuisisi oleh Yahoo senilai 1,1 miliar dollar pada 2013. Kemudian, pada 2017, giliran Yahoo yang dibeli oleh Verizon sehingga status Karp ikut beralih dari pegawai Yahoo menjadi pegawai Verizon.

Dalam akuisisi oleh Verizon, Tumblr merupakan bagian dari gabungan aset-aset Yahoo dan AOL yang kemudian disebut sebagai Oath.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (28/11/2017), COO Tumblr Jeff D’Onofrio akan mengambil alih posisi CEO secara permanen.

Baca juga : David Karp, Remaja Pendiri Situs "Rp 10 Triliun" Tumblr

Tidak jelas apakah rangkaian akuisisi selama empat tahun terakhir mempengaruhi Karp untuk mengambil keputusan undur diri dari Tumblr atau tidak.

Dia pun belum merinci apa yang bakal dilakukannnya pasca-hengkang dari perusahaan yang diasuh selama satu dekade itu. Karp hanya mengatakan telah lama menimbang-nimbang langkah tersebut.

“Sulit rasanya menulis kata-kata ini, tapi saya tahu Tumblr kini berada di tangan yang lebih baik dibanding saya sendiri,” tulis Karp dalam posting pengumumannya. “Mohon dimengerti bahwa keputusan ini saya ambil setelah refleksi berbulan-bulan tentang ambisi prbadi.”

Tumblr sendiri sempat diblokir layanannya di Indonesia pada awal 2016 lalu. Situs Tumblr diblokir pemerintah karena kontennya memajang video berbau pornografi. (Baca: Kemenkominfo Batal Blokir Tumblr, Begini Penjelasannya)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X