Kompas.com - 30/11/2017, 09:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - WhatsApp kembali menambahkan fitur baru untuk aplikasi pesan instan besutannya, kali ini berupa kemampuan untuk playback video YouTube secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp.

Video akan diputar dalam sebuah jendela kecil (picture in picture) serta tetap bisa ditonton walaupun pengguna berpindah obrolan ke orang lain.

Dengan begini, pengguna pun bisa menonton video sambil chatting dengan teman, misalnya untuk mengomentari isi video dimaksud, tanpa harus berhenti lebih dulu untuk menyaksikan video.

Sebelumnya, apabila pengguna mengklik tautan YouTube yang dikirim teman, ponsel akan membuka aplikasi atau situs mobile YouTube untuk memutar video dimaksud.

Fitur baru lain yang ikut ditambahkan oleh WhatsApp terkait kemampuan perekaman pesan suara. Untuk merekam dan berkirim voice message, pengguna mesti menekan dan menahan tombol mikrofon, namun kini tidak lagi.

“Saat merekam Voice Message, sapukan jari ke atas untuk mengunci perekaman sehingga anda bisa terus merekam suara tanpa harus menahan jari,” sebut WhatsApp dalam keterangan fitur di update terbarunya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (30/11/2017), kemampuan playback video YouTube dan voice recording tanpa menahan jari sudah tersedia di WhatsApp versi 2.17.81 di iOS.

Pengguna Android diperkirakan akan menyusul kebagian, tapi masih belum diketahui kapan waktu persisnya.

Baca juga : 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.