Update Windows 10 Paksa Pengguna Serahkan Data Nomor HP

Kompas.com - 04/01/2018, 08:04 WIB
Tampilan Windows 10 Blog WindowsTampilan Windows 10
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Update terbaru OS Windows 10 (build 17063) memaksa pengguna memasukkan data nomor handphone (HP), tanpa memberi opsi untuk melewatinya. Jika data nomor telepon tidak dimasukkan, maka proses update tidak bisa dilanjutkan.

Ketika melakukan instalasi versi terbaru, akan muncul sebuah pemberitahuan pada layar yang meminta pengguna untuk memasukkan nomor ponsel.

Tujuannya adalah untuk menghubungkan perangkat PC dengan smartphone yang dimiliki, memberikan pengalaman seamless saat pengguna beralih dari gadget mobile ke desktop.

Celakanya, pilihan tersebut tidak bisa dilewatkan oleh pengguna, sebab Microsoft tidak menyediakan tombol Skip. Alhasil, instalasi tak akan dilanjutkan jika pengguna tidak memasukkan nomor ponselnya. Di versi sebelumnya, proses ini masih bisa dilewati.

Halaman update Windows 10 yang meminta nomor HP.Ist Halaman update Windows 10 yang meminta nomor HP.

Jika kolom nomor ponsel diisi, Microsoft akan mengirim pesan singkat (SMS). Pesan tersebut berisi tautan yang akan menghubungkan perangkat dengan ponsel milik pengguna.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (4/1/2018), banyak yang berpendapat bahwa tidak tersedianya pilihan untuk melewati proses itu disebabkan karena masalah teknis.

Sebuah asumsi menyebutkan bahwa tombol skip sebetulnya ada, namun tidak muncul di versi update Windows 10 build 17063, karena suatu dan lain hal, seperti kesalahan pemrograman dan sebagainya.

Namun benar atau tidaknya asumsi tersebut masih simpang siur, sebab hingga berita ini ditayangkan, Microsoft belum memberikan pernyataan resmi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X