Ponsel Android Rp 400.000 Meluncur Bulan Ini?

Kompas.com - 04/01/2018, 09:04 WIB
Android Go ArsTechnicaAndroid Go
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Tahun lalu, Google memperkenalkan platform Android Go untuk perangkat-perangkat smartphone entry level berbanderol terjangkau.

Kabar terbaru yang beredar  awal 2018 menyebutkan bahwa smartphone Android Go akan mulai bermunculan bulan ini. Harganya disinyalir bakal dipatok di kisaran 30 dollar AS atau sekitar Rp 400.000.

Debut Android Go kemungkinan bakal dilakukan di India lewat perangkat dari sejumlah vendor lokal, termasuk Micromax, Intex, dan Karbonn, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (3/1/2018).

Micromax diperkirakan menjadi vendor pertama yang meluncurkan perangkat Android Go pada akhir Januari. Sementara vendor lain akan menyusul belakangan.

Baca: Android Go Resmi Dirilis untuk Ponsel Spesifikasi Rendah

Ponsel Android Go bakal menjalankan sistem operasi Android Oreo versi khusus. Sistem operasi ini yang dirancang agar bisa berjalan dengan mulus dengan spesifikasi hardware terbatas.

Aplikasi-aplikasi Google, seperti Maps, Chrome, dan PlayStore, pun dibuatkan versi khusus, yang berukuran lebih kecil untuk Android Go.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menekan harga, smartphone Android Go hanya akan dibekali RAM 1 GB dan media penyimpanan 8 GB, tapi sudah memiliki konektivitas 4G LTE.

Dengan harga murah meriah, Android Go diharapkan bisa menarik hati konsumen yang selama ini belum mau beralih dari feature phone karena kendala harga.

Di India, menurut keterangan firma riset pasar IDC, lima dari 10 handset yang terjual memiliki harga di bawah 2.000 rupee (31 dollar AS) sehingga Android Go berpotensi merengkuh sebagian besar konsumen gadget.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.