Amazon Salip Samsung di Tengah Lesunya Pasaran Tablet

Kompas.com - 06/02/2018, 16:23 WIB
Ilustrasi tablet Amazon Kindle Oasis AmazonIlustrasi tablet Amazon Kindle Oasis
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Industri tablet masih belum memperlihatkan tanda-tanda kebangkitan, setidaknya begitu menurut laporan teranyar dari firma riset IDC. Pada kuartal keempat 2017, hanya 49,6 juta unit tablet yang dikapalkan secara global atau turun 7,9 persen dari tahun ke tahun.

Dengan demikian, DIC mencatat pasaran tablet sudah mengalami penurunan selama 13 kuartal berturut-turut. Hanya saja, tahun ini persentase penurunannya tak mencapai dua digit seperti yang terjadi sepanjang 2016.

Apple masih merajai pasar tablet dengan pangsa pasar 26,6 persen atas pengapalan 13,2 juta unit tablet sepanjang kuartal terakhir 2017. Posisi yang tergeser adalah Samsung, dari peringkat kedua menjadi ketiga.

Kedudukan Samsung diambil alih Amazon dengan shipment 7,7 juta unit tablet yang meraup pangsa pasar 15,6 persen. Samsung sendiri mengapalkan 7 juta unit tablet dengan pangsa pasar 14,1 persen.

Hal ini menunjukkan kegigihan Amazon untuk unjuk gigi di tengah lemahnya pasar tablet, melalui lini roduk Kindle dan Fire. Pertumbuhan angka pengapalan tablet Amazon dari tahun ke tahun mencapai 50,3 persen.

Laporan IDC kuartal empat 2017 untuk pasar tablet.IDC Laporan IDC kuartal empat 2017 untuk pasar tablet.

Apple pun sejatinya masih mencatat pertumbuhan minor 0,6 persen, begitu pula dengan Huawei yang menempati posisi keempat dengan pertumbuhan 11,9 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (6/2/2018), dari VentureBeat.

Samsung menunjukkan penurunan pengapalan tablet 13 persen dari tahun ke tahun. Lenovo yang menempati posisi kelima juga mencatat penurunan 13,1 persen.

Meski demikian, untuk keseluruhan tahun 2017, pengapalan tablet Samsung masih berada di urutan kedua dengan 24,9 juta unit, sementara Amazon 16,7 juta unit.

Posisi teratas tetap dikuasai Apple dengan pengapalan 43,8 juta unit. Huawei dan Lenovo masing-masing di urutan keempat dan kelima dengan 12,5 juta unit dan 10,3 jut unit.

Angka pengapalan seluruh vendor tablet sepanjang tahun 2017, menurut data firma riset IDC.IDC Angka pengapalan seluruh vendor tablet sepanjang tahun 2017, menurut data firma riset IDC.

Selain pabrikan yang masuk lima besar, industri tablet diramaikan pula dengan para vendor lain. Mereka sepertinya lebih berdarah-darah untuk bertahan dengan kondisi sekarang.

Gabungan vendor tablet lain mencatat penurunan shipment 27,7 persen dari tahun ke tahun. Secara kolektif, mereka hanya mengapalkan 15,1 juta unit tablet pada kuartal keempat 2017, dengan keseluruhan angka pengapalan industri tablet sebesar 49,6 juta unit.

Untuk sepanjang 2017, angka pengapalan total yang tercatat adalah 163,5 juta unit, menurun 6,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X