Kulkas Pintar Terbaru Samsung Bisa Diperintah dengan Suara

Kompas.com - 09/02/2018, 14:41 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Fokus Samsung Electronics pada tahun 2018 ini adalah pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) pada produk elektronik rumahan dan televisi.

"Kami fokus merancang dan mengantar teknologi dan solusi terbaik yang memudahkan keseharian konsumen dan semakin baik," Steve Lee, President and CEO Samsung Electronics, Southeast Asia and Oceania di atas panggung Samsung Forum 2018 di Roma, Italia, Kamis (8/2/2018).

Samsung memamerkan sejumlah produk yang disematkan teknologi AI dan IoT pada forum tahunan tersebut. Salah satu produk berbasis dua teknologi tadi adalah kulkas pintar bernama Family Hub.

Lemari pendingin Samsung ini sebenarnya bukanlah barang baru. Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan produk yang sama pada 2017.

Family Hub versi 2018 ini tak mengusung perubahan yang radikal dari desain, tetapi Samsung membuatnya bisa diajak bicara dan diperintah dengan suara. Semuanya berkat teknologi Bixby yang bekerja berbasis teknologi AI.

Memantau anak hingga memutar musik

Menyandang nama Family Hub, kulkas ini menjadi pusat komunikasi anggota keluarga dan perangkat di rumah. Family Hub bisa diperintah dengan suara lewat Bixby untuk menyalakan lampu, pendingin ruangan, serta mengecek stok dan masa berlaku makanan yang ada di dalam kulkas.

Bahkan, kulkas empat pintu ini bisa merancang menu yang bisa dimasak sesuai stok dan jenis makanan yang ada di dalam kulkas. Isi kulkas pun bisa diintip tanpa perlu membuka pintunya.

Jadwal rapat, pelajaran dan ekstra kurikuler anak, catatan harian, dan lainnya bisa ditampilkan di layar depan kulkas. Family Hub memang dibekali layar sentuh berukuran 21,5 inci, lebih dari cukup untuk menampilkan sejumlah informasi.

Dari layar kulkas, sang ibu, misalnya, bisa mengawasi aktivitas anaknya yang sedang berada di kamar. Kamera yang terdapat di kamar anak dan ruangan lain pun bisa diamati dari layar kulkas itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.