Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Nokia Lebih Laris dari Asus dan Lenovo

Kompas.com - 13/02/2018, 10:48 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Setelah hibernasi dari industri smartphone, Nokia melakukan comback lewat HMD Global pada 2017. Merek Nokia pun ternyata masih kuat di pasar, setidaknya begitu menurut firma riset Counterpoint.

Pada laporan kuartal IV-2017, Nokia memang tak masuk daftar 10 besar vendor smartphone dunia, namun merek yang dipegang HMD Global itu mampu menjual 4,4 juta unit smartphone dalam kurun tiga bulan.

Angka itu meraup satu persen pangsa pasar global, dan menempatkan Nokia pada posisi ke-11. Kendati begitu, ada banyak vendor ponsel kawakan yang posisinya di bawah Nokia, seperti Asus dan Lenovo.

Hal ini diumbar analis Counterpoint, Neil Shah, melalui kicauan di akun Twitter personalnya @neiltwitz. Tak dijabarkan lebih detil jumlah unit terjual dari vendor-vendor yang posisinya di bawah Nokia.

Baca juga: Jalan Berliku Ponsel Nokia untuk Kembali Berdering

Secara berurutan dari posisi ke-12 hingga ke-21 adalah HTC, Sony, Google, Alcatel, Lenovo, OnePlus, Gionee, Meizu, Coolpad, dan Asus.

Selain mengalahkan beberapa pemain mapan, Nokia juga mulai mendominasi beberapa pasar. Menurut Neil Shah, Nokia menjunjukkan kebangkitan di Vietnam dan Timur Tengah.

Bahkan, untuk beberapa wilayah Timur Tengah, Nokia menempati posisi pertama sebagai vendor smartphone terbesar. Nokia juga menempati posisi ketiga di Inggris dan berada pada jajaran lima besar di Rusia.

Faktor nostalgia

Firma Counterpoint juga menilai Nokia memiliki portfolio produk yang lengkap mencakup semua segmen harga, sehingga membantu mendongkrak volume pengapalan. Selain itu ada juga sisi nostalgia dari kejayaan masa lalu Nokia.

"Nilai sentimental terhadap brand (Nokia) di kalangan dealer dan konsumen didampingi oleh peluncuran smartphone berkualitas sehingga membantu Nokia merengkuh pangsa pasar," sebut Counterpoint.

Baca juga: Berkat Nostalgia, Nokia Mulai Menanjak di Pasaran Smartphone

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com