Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kelebihan Nokia 2 yang Dibanderol Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 11/01/2018, 16:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nokia kembali meluncurkan smartphone Android di Tanah Air. Dengan banderol harga Rp 1,5 juta, produk entry-level baru bernama Nokia 2 tersebut bersaing di papan bawah pasaran ponsel Indonesia.

Di segmen ini terdapat sejumlah produk yang telah lebih dulu meramaikan pasaran, misalnya saja Xiaomi Redmi 5A dan Advan i5C Plus yang masing-masing menawarkan spesifikasi menarik dengan harga kompetitif. (Baca juga : Ini Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A)

Kendati demikian, pihak Nokia lewat HMD Global selaku pemegang lisensi merek "Nokia" mengaku optimis produknya memiliki kelebihan tersendiri di luar spesifikasi teknis yang bisa mengundang minat konsumen.

"Membanding-bandingkan spesifikasi bukanlah cara kami," ujar Country Manager HMD Global Indonesia Mark Trundle ketika ditemui KompasTekno di sela acara peluncuran Nokia 2 di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Menurut Trundle, Nokia 2 memiliki tiga kelebihan yang tak dimiliki ponsel lain sekelasnya. Pertama adalah ketangguhan berkat konstruksi dari blok aluminium padat dan kaca anti-gores Gorilla Glass yang melapisi layar 5 inci (1.280 x 720 piksel) ponsel tersebut.

Kedua, Nokia 2 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh yang menurut Trundle mampu memberikan daya tahan selama 2 hari.

"Kami memastikan bahwa manajemen performanya benar-benar optimal. Jadi, pengguna Nokia 2 bisa meninggalkan charger dan powerbank di rumah," kata Trundle.

Poin kelebihan ketiga dari Nokia 2 yang turut disebutkan Trundle adalah sistem operasi Android versi "polos" yang dijalankan perangkat ini. Nokia tidak memasukkan UI custom atau aplikasi-aplikasi lain yang bisa membebani kinerja ponsel.

Versi OS yang dijalankan oleh Nokia 2 adalah Android 7.1.1 Nougat. Akhir Desember lalu, pihak HMD Global memastikan OS Nokia 2 akan diperbarui ke Android 8.1 Oreo, seperti juga Nokia 3, 5, dan 6 yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia. (Baca juga : Nokia 3 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Harga Rp 1,9 Juta)

"Kami mengedepankan layanan-layanan Google. Anda dapat menemukan Google Assitant dan Google Photos untuk penyimpanan foto-foto secara otomatis ke layanan cloud Google," imbuh Trundle.

Nokia 2 saat ini sudah bisa dibeli di situs e-commerce JD.id dan akan tersedia secara luas di pasaran Indonesia pada 30 Januari mendatang.

Selebihnya, daftar spesifikasi dari Nokia 2 mencakup dapur pacu Snapdragon 212, RAM 1 GB, media penyimpanan 8 GB, dukungan dual-SIM dan micro-SD, serta kamera 8 megapiksel dan 5 megapiksel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com