iPhone 6S Dipasangi Baterai Baru, Sekencang Apa?

Kompas.com - 07/03/2018, 14:34 WIB
Lokasi dan ukuran konektor jack audio 3,5mm pada iPhone 6S (ditandai kotak merah) iFixitLokasi dan ukuran konektor jack audio 3,5mm pada iPhone 6S (ditandai kotak merah)

KOMPAS.com - Akhir 2017 lalu, Apple mengaku sengaja memperlambat kinerja lini iPhone lawas melalui sistem operasi. Menurut Apple, hal itu demi mencegah ponsel mati mendadak karena performa baterai tua yang menurun.

Atas tindakan tersebut, perusahaan asal Cupertino itu meminta maaf dan menganjurkan pengguna iPhone lawas seperti iPhone 6s untuk mengganti baterai perangkatnya. Apple memberikan diskon 40 persen, dari harga asli 79 dollar AS (sekitar Rp 1 jutaan) menjadi 29 dollar AS (sekitar Rp 400.000).

Lantas, setelah mengganti baterai iPhone lawas yang baru, seberapa kencang kinerjanya? Salah satu engineer software di Microsoft, Bennett Sorbo membuat video yang menguji kecepatan peforma antara iPhone 6s dengan baterai lama dan iPhone 6s dengan baterai baru.

Hasilnya cukup meyakinkan. Kinerja iPhone 6s dengan baterai baru lebih cepat dibanding iPhone 6s dengan baterai lawas.

Baca juga: iPhone Lawas Sengaja Dibikin Lemot oleh Apple, Mengapa?

Proses membuka aplikasi seperti Spotify, YouTube, Google Maps, halaman situs, hingga game, nampak lebih lancar dengan dukungan baterai baru.

Di akhir video, iPhone 6s dengan baterai baru mampu menyelesaikan tes dalam waktu 4 menit 33 detik untuk membuka 14 aplikasi. Rata-rata dibutuhkan waktu dua hingga tiga detik untuk membuka tiap aplikasi.

Sementara iPhone 6s dengan baterai yang belum diganti, butuh waktu 5 menit 45 detik untuk memproses aplikasi-aplikasi yang sama. Butuh rata-rata tiga hingga empat detik untuk memuat tiap aplikasi.

Sorbo juga menguji benchmark keduanya dengan Geekbench. Hasilnya memang iPhone 6s dengan peremajaan baterai meraih skor lebih tinggi, yakni 4.412 dibanding iPhone 6s dengan baterai lawas yang hanya meraih 2.485.

Dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, Rabu (7/3/2018), Sorbo mengaku membeli iPhone 6s dua tahun lalu. Seperti pengguna iPhone 6s lainnya, Sorbo juga mengeluhkan peforma perangkat yang menurun akibat usia baterai yang uzur.

Dilaporkan, saat ini stok baterai baru untuk iPhone 6s mulai menipis. Jadi, bagi pengguna iPhone 6s yang belum sempat mengganti baterai, tampaknya perlu mengantre sedikit lama antara Maret atau April.

Untuk melihat lebih jelas perbandingan kinerja iPhone 6s dengan baterai lama dan iPhone 6s dengan baterai baru, bisa disaksikan melalui video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.