Momen-momen Menarik yang Bisa Dibikin Video "Slow Motion"

Kompas.com - 16/03/2018, 11:33 WIB
Travel blogger, Putri Anindya (kiri) dan fotografer, David Soong di acara Gadget Story Samsung Galaxy S9 di Caribou Coffee, Kamis (15/3/2018). Dok. KOMPAS.comTravel blogger, Putri Anindya (kiri) dan fotografer, David Soong di acara Gadget Story Samsung Galaxy S9 di Caribou Coffee, Kamis (15/3/2018).
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Beberapa model smartphone masa kini mengedepankan kemampuan perekaman video gerak lambat alias slow-motion. Galaxy S9 dan Galaxy S9 besutan Samsung, misalnya, sanggup merekam video slow-motion dengan frame rate 960 fps di resolusi HD 720p.

Video slow-motion memperlambat pergerakan obyek dalam sebuah peristiwa, sehingga terlihat lebih dramatis. Lantas, momen-momen apa saja yang cocok diabadikan dalam gerakan lambat?

Ketika berbicara dalam acara Gadget Story tentang Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Lotte Shopping Avenue, bilangan Kuningan, Jakarta, Kamis (15/3/2018) kemarin, fotografer David Soong berbagi tips soal ini. Simak selengkapnya di bawah.

1. Aksi cepat menarik untuk diperlambat

Kejadian-kejadian yang berlangsung cepat biasanya sulit diamati oleh mata. Dengan slow motion, detail-detail yang luput dari pandangan bisa diamati secara perlahan.

David mencontohkan adegan orang berlari dan terjun ke kolam renang. Video slow motion sekaligus memperpanjang durasi aksi cepat.

Baca juga: 9 Alasan untuk Beli Samsung Galaxy S9

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan frame rate 960 FPS seperti pada Galaxy S9 tadi, peristiwa yang hanya berlangsung selama 0,2 detik bisa “diperpanjang” atau diperlambat 32x, sehingga menjadi 6 detik saat diputar dengan frame rate normal 30 FPS.

“Saat ingin membuat video slow-motion, think of fast action moments,” ujar David.

2. Cari partikel-partikel yang bergerak cepat

Partikel di sini berarti benda-benda kecil dengan gerakan yang biasanya cepat sehingga sukar diamati dan diapresiasi keindahannya oleh mata manusia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.