Komputer Mac yang Mirip Tempat Sampah Bakal Disegarkan - Kompas.com

Komputer Mac yang Mirip Tempat Sampah Bakal Disegarkan

Kompas.com - 10/04/2018, 08:51 WIB
Apple memperkenalkan desain baru Mac Pro (kanan) di ajang WWDC 2013Mac Rumors Apple memperkenalkan desain baru Mac Pro (kanan) di ajang WWDC 2013

KOMPAS.com - Apple terakhir kali memperbarui Mac Pro pada 2013. Kini, lima tahun setelah membiarkan lini produk komputer desktop untuk profesional itu tanpa pembaruan, Apple memastikan bahwa generasi berikutnya dari Mac Pro bakal muncul pada 2019.

Hal tersebut dipastikan oleh Senior Director Mac Hardware Product Marketing Apple Tom Boger dalam sesi wawancara dengan sejumlah wartawan pekan lalu.

“Kami ingin transparan dan berkomunikasi secara terbuka dengan komunitas profesional kami. Jadi kami ingin memberitahu mereka bahwa Mac Pro adalah produk untuk 2019, bukan tahun ini,” ujar Boger.

Apple diketahui sudah berencana merombak desain Mac Pro agar lebih fleksibel setidaknya sejak setahun lalu, kala wacana ini pertama kali mengemuka pada April 2017.

 Apple mengatakan Mac Pro baru akan mengadopsi sistem “modular”. Tapi penerapan konsep “modular” tersebut masih belum jelas, apakah bakal berupa hardware yang bisa ditukar-tukar (upgrade) dengan mudah atau cara lain.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/4/2018), Mac Pro terakhir adalah generasi kedua yang dirilis pada Desember 2013 dan oleh beberapa pihak dinilai berbentuk mirip tempat sampah, dengan bentuk silinder dan lubang ventilasi di bagian tengah.

Komputer Mac Pro ini menggunakan sejumlah hardware yang didesain khusus agar muat di dalam casing berbentuk silinder, termasuk komponen GPU dan flash storage. Upgrade pun sulit dilakukan. Kendati demikian, komponen RAM dan CPU (socket LGA 211) masih bisa diganti-ganti.

Dalam jeda bertahun-tahun antara Mac Pro generasi kedua dan generasi ketiga yang baru akan muncul tahun depan, Apple merilis kategori baru berupa komputer iMac Pro yang juga ditujukan untuk profesional.

Lini laptop profesional MacBook Pro turut mendapat redesain besar-besaran dan sejumlah pembaruan. Tahun depan, akhirnya giliran Mac Pro akan tiba.

Baca juga : Prosesor Mac Pro Ternyata Tidak Benar-benar Menempel



Close Ads X