Flickr Resmi Dicaplok SmugMug

Kompas.com - 22/04/2018, 13:51 WIB
IlustrasiThe Verge Ilustrasi

KOMPAS.com - Lama tak terdengar, Flickr dikabarkan telah diakuisisi oleh layanan hosting foto, SmugMug. Tidak disebutkan nominal akuisisi yang diberikan SmugMug kepada situs hosting foto dan video yang dulu sempat dimiliki Yahoo tersebut.

Saat dibeli Yahoo dari Ludicorp pada tahun 2005, Flickr seolah hidup segan mati tak mau.
Yahoo mencoba mengembangkan Flickr dengan beberapa kali merenovasi tampilannya.

Tapi usaha itu tak kunjung berbuah manis, apalagi, salah satu petinggi Flickr sekaligus desainer antarmuka, George Oates, didepak dari tim Flickr oleh Yahoo sejak tahun 2008. Beban semakin berat ketika Instagram mulai naik pamor tahun 2012.

Baca juga : Canon dan iPhone Paling Rajin Setor Foto ke Flickr

Sebelum resmi dipinang SmugMug, Flickr sempat diakuisisi oleh Verizon, bebarengan dengan akuisisi Verizon terhadap Yahoo tahun 2016. Nilai akuisisi Verizon saat mencaplok Yahoo kala itu tak sedikit, yakni sebesar 4,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 62,4 triliun).

"Flickr telah melewati pasang surut di internet", ujar CEO SmugMug Don MacAskill, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Minggu (22/4/2018).

Setelah akuisisi ini, SmugMug mengklaim akan membebaskan Flickr untuk berdiri sebagai layanan mandiri dan bisa memberikan lebih banyak perhatian dan sumber dibanding saat bergabung dengan Oath, yang merupakan anak perusahaan Verizon.




Close Ads X