Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bisa Saring Komentar "Bullying", Begini Caranya

Kompas.com - 04/05/2018, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan fitur untuk menyaring komentar bernada perundungan (bullying). Fitur tersebut dikenalkan bersamaan dengan fitur baru, dalam agenda Facebook F8 Conference awal Mei ini di California.

"Kami tidak menoleransi perundungan di Instagram. Pedoman Komunitas kami telah melarang perundungan di platform ini", tulis Co-Founder dan CEO Instagram, Kevin Systrom, seperti dirangkum KompasTekno dari blog resmi Instagram, Kamis (3/5/2018).

Penyaringan komentar bisa dilakukan dengan memilih menu "Settings" (pengaturan). Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Comment" (komentar) hingga terbuka menu "Comment control" (kontrol komentar).

Pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur filter komentar secara otomatis di opsi "hide offensive comments" (sembunyikan komentar menyinggung).

Baca juga: Cegah Bully, Instagram Rilis Fitur Tutup Komentar

Dengan mengaktifkan menu tersebut, Instagram akan mengandalkan algoritma untuk menyaring komentar yang kemungkinan bernada perundungan.

Fitur filter komentar di InstagramInstagram Fitur filter komentar di Instagram

Penyaringan juga bisa dilakukan secara manual di menu "manual filter" (filter manual). Pengguna bisa memasukkan kata-kata yang ingin diblokir secara manual.

Bisa juga mengaktifkan opsi "use default keywords" (gunakan kata kunci default ) untuk menyembunyikan kata atau frasa yang dianggap menyinggung, dan tidak pantas di Instagram.

Khusus kata kunci default, hanya tersedia dalam bahasa tertentu. Kata kunci khusus di menu manual filter juga belum mendukung aksara tanpa spasi, seperti huruf kanji, bahasa Mandarin, dan bahasa Thailand.

Baca juga: Heboh Persekusi di Media Sosial, Ini Kiat agar Tidak Jadi Korbannya

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna harus meng-update Instagram ke versi 43.0.0, baik di perangkat Android maupun iOS.

Kebijakan soal anti perundungan ini diharapkan membuat Instagram sebagai tempat yang nyaman untuk berekspresi dan mengungkapkan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Instagram

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.