Galaxy Note 9 Punya Pemindai Sidik Jari di Bawah Layar?

Kompas.com - 07/05/2018, 11:57 WIB
Galaxy Note 8 dengan aksesori pasangan, kamera Gear 360 Oik Yusuf/KOMPAS.comGalaxy Note 8 dengan aksesori pasangan, kamera Gear 360

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 9 dikabarkan bakal memiliki fitur pemindai sidik jari di bawah layar alias in-display fingerprint scanner. Hal ini terendus dari bocoran paten terbaru yang didaftarkan Samsung.

Berdasarkan paten, in-display fingeprint scanner bakal tersemat pada area bawah layar AMOLED perangkat Samsung. Ada sensor khusus yang disematkan pada layar tersebut.

Sensor itu akan mengubah warna dan tingkat kecerahan layar ketika terkena sentuhan sidik jari.

Selanjutnya, sensor bakal mencocokkan sidik jari tersebut dengan informasi biometrik yang sudah terdaftar sebelumnya.

Jika sesuai, perangkat akan otomatis terbuka. Mekanisme ini serupa dengan yang tertera pada Vivo X20 UD, tetapi belum tentu teknologi yang digunakan sama.

Baca juga : Vivo X20 Plus UD, Ponsel Pertama dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

In-display fingerprint scanner Samsung.PhoneArena In-display fingerprint scanner Samsung.
Pada intinya, in-display fingerprint scanner merupakan fitur keamanan yang dinilai lebih praktis dan fleksibel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna tak perlu menempatkan sidik jari pada satu titik yang monoton, seperti tombol home atau landasan khusus di sisi punggung perangkat.

Sebab, In-display fingerprint scanner memiliki area pemindai yang lebih luas, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (7/5/2018), dari PhoneArena.

Kabar soal in-display fingerprint scanner sebenarnya lumayan sering dirumorkan pada perangkat Samsung Galaxy. Sebelumnya pada Galaxy Note 8, lantas Galaxy S9, tetapi tak ada yang terbukti.

Bocoran paten ini pun belum serta-merta mengonfirmasi bahwa Galaxy Note 9 bakal punya in-display fingerprint scanner. Karenanya, informasi ini belum bisa dipercaya 100 persen hingga Galaxy Note 9 benar-benar dirilis pada akhir tahun ini.

Baca juga : Sertifikasi Ungkap Dua Varian Galaxy Note 9

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.