Ini Contoh Kontrol Gestur yang Dipakai di Android P - Kompas.com

Ini Contoh Kontrol Gestur yang Dipakai di Android P

Kompas.com - 11/05/2018, 10:32 WIB
Tombol navigasi Android PAndroid Authority Tombol navigasi Android P

KOMPAS.com - Google merilis Android P sebagai sistem operasi generasi ke-9 Android. Perilisan yang masih dalam versi beta tersebut dibarengkan dengan pengenalan beberapa fitur yang dibawa Android P, yang hingga kini nama resminya masih misterius.

Salah satu fitur yang paling mencolok adalah fitur navigasi baru yang diusung. Android P akan meniadakan tombol home, menggantinya dengan ikon strip (-) di bawah layar, serupa yang digunakan iPhone X.

"Sebagai bagian dari Android P, kami meperkenalkan sistem navigasi baru yang telah kami kerjakan selama lebih dari setahun," terang Vice President Android Engineering, Dave Burke, seperti dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (11/5/2018).

Baca juga: Cara Memakai Android P Bakal seperti iPhone X?

Tak hanya tampilannya yang mirip, cara pengoperasiannya pun mirip, yakni mengandalkan gestur dengan cara menggulirkannya dari atas ke bawah untuk melakukan multi-tasking. Untuk mencari aplikasi yang ingin digunakan, pengguna bisa mengusap layar ke kiri dan ke kanan.

Tombol navigasi Android P yang mengandalkan gestur dengan mengusap ke kanan dan ke kiri untuk memilih aplikasi yang ingin digunakan.The Verge Tombol navigasi Android P yang mengandalkan gestur dengan mengusap ke kanan dan ke kiri untuk memilih aplikasi yang ingin digunakan.

Jika melakukan swipe-up (usap) lebih lama dari atas ke bawah, makan akan muncul beberapa aplikasi yang terakhir digunakan di bagian atas layar. Jika menekan tombol strip sedikit lebih lama, lalu menggulirnya ke kiri dan ke kanan, pengguna akan diarahkan ke aplikasi yang terakhir digunakan.

Untuk memilih aplikasi, pengguna cukup ketuk salah satu aplikasi yang ditampilkan. Sementara untuk kembali ke menu home, cukup ketuk tombol strip di bawah.

Sebenarnya, tombol "back" (kembali) tidak sepenuhnya hilang. Tombol tersebut akan muncul dan hilang saat tidak digunakan.

Beberapa perangkat sudah kebagian uji coba Android P versi beta, tepat setelah dirilis di acara Google I/O 2018. Di antaranya adalah Pixel, Sony Xperia XZ2, Nokia 7, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Xiaomi Mi Mix 2s, dan OnePlus 6 yang sebentar lagi akan dirilis.

Baca juga: 10 Fitur yang Bakal Hadir di Android P

Jika dilihat dari daftar perangkat di atas, sebagian besar memang telah memangkas habis-habisan bingkai ponsel dari segala sisi. Sehingga mengandalkan gestur untuk navigasi cukup masuk akal untuk mendukung pengoperasian perangkat tanpa perlu tombol home.

Perilisan final Android P rencananya akan dilakukan pada kuartal III-2018 mendatang. Android P masih harus melewati setidaknya tiga kali pratinjau sebelum bisa diadopsi pengguna Android secara umum.



Close Ads X