Menjajal Smartwatch Fitbit Versa Pesaing Apple Watch

Kompas.com - 06/06/2018, 19:13 WIB
Arloji pintar Fitbit Versa dengan berbagai variasi strap, mulai dari bahan logam, kulit, hingga karet KOMPAS.com/Yoga H. WidiartantoArloji pintar Fitbit Versa dengan berbagai variasi strap, mulai dari bahan logam, kulit, hingga karet

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitbit telah resmi meluncurkan arloji pintar terbarunya, yakni Versa di Indonesia. Apa saja kemampuan yang ditawarkan oleh smartwatch pesaing Apple Watch itu?

Sekilas melihat, bodinya memiliki bentuk kotak yang mirip dengan Apple Watch, tapi dengan ukuran lebih kecil dan tipis. Layarnya merupakan layar sentuh dengan materi panel LCD berwarna, bentang diagonal 1,34 inci.

Arloji pintar tersebut hanya memiliki tiga tombol fisik. Satu tombol berguna untuk navigasi "back", sedangkan dua lainya sebagai pemintas untuk pemilihan mode aktivitas dan alarm. Selain ketiga tombol fisik itu, navigasi sepenuhnya menggunakan sentuhan di layar.

Fitbit Versa memiliki layar LCD berwarna dengan bentang diagonal 1,34 inciKOMPAS.com/Yoga H. Widiartanto Fitbit Versa memiliki layar LCD berwarna dengan bentang diagonal 1,34 inci

Pada mode aktivitas terdapat pilihan Run, Bike, Swim, Weight, Treadmill, Interval Timer, serta Workout. Masing-masing memberikan hasil pengukuran berupa jarak tempuh, kalori yang terbakar, detak jantung per menit serta durasi beraktivitas.

Baca juga: 2 Smartwatch Fitbit Versa Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Mode Swim bisa digunakan karena arloji ini diklaim memiliki kemampuan anti-air hingga kedalaman 50 meter.

Selain pendukung olah raga seperti itu, Fitbit Versa juga dibekali dengan fitur Music untuk memutar file musik menggunakan earphone bluetooth; Coach untuk memandu latihan kebugaran; Relax untuk panduan latihan pernafasan; Weather sebagai informasi cuaca; dan Wallet untuk melakukan pembayaran via NFC.

Fitbit Versa menunjang berbagai fitur, mulai dari panduan Yoga, musik, pencatat jarak tempuh saat berlari, serta notifikasi dari smartphoneKOMPAS.com/Yoga H. Widiartanto Fitbit Versa menunjang berbagai fitur, mulai dari panduan Yoga, musik, pencatat jarak tempuh saat berlari, serta notifikasi dari smartphone

Aplikasi streaming musik tertentu, yakni Deezer dan Pandora juga bisa dipasangkan ke Fitbit Versa. Untuk melakukan streaming dari layanan ini, pengguna mesti menghubungkan arloji pintar itu ke WiFi.

Selayaknya sebuah smartwatch, Fitbit Versa memiliki tampilan antarmuka arloji yang bisa diganti sesukanya. Pengguna bisa memilih apakah ingin menampilkan model digital atau analog, melalui menu di aplikasi pendampingnya.

Ada juga fungsi notifikasi yang berguna untuk menampilkan panggilan masuk, pesan instan, e-mail, serta agenda kegiatan dari smartphone pengguna. Fungsi ini hanya menyala saat Fitbit Versa terhubung ke smartphone melalui Bluetooth

Hal lain yang menarik dari Fitbit Versa adalah sistemnya yang bersifat agnostik. Dengan kata lain, arloji pintar ini tidak menganut satu sistem khusus, dan bisa dihubungkan ke perangkat genggam iOS atau Android, bahkan komputer Windows atau Mac OS.

Fitbit Versa dibawa ke Indonesia oleh PT Ingram Micro Indonesia yang merupakan distributor resmi. Toko-toko yang menjualnya antara lain di Peebee Store, PDA.com, Play, Electronic Solution, dan Urban Life.

Pengguna bisa mendapatkan arloji pintar ini seharga Rp 3,6 juta juta untuk edisi reguler atau Rp 4 juta untuk edisi khusus yang mendapatkan dua tipe strap (tali jam).

Lebih detailnya, lihat tampilan utuh Fitbit Versa melalui tautan berikut ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X