Kompas.com - 21/06/2018, 07:31 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Oppo Find X membawa angin segar bagi inovasi smartphone global yang cenderung “membosankan”. Smartphone flagship Oppo ini menawarkan desain baru dan unik, dengan menyembunyikan kamera depan dan belakang di dalam bodi.

Oppo Find X sekilas tampil polos, seperti tidak memiliki kamera. Kamera akan terlihat saat digunakan saja. Modul kamera Oppo Find X akan secara otomatis menyembul ke atas saat pengguna membuka aplikasi kamera.

Ponsel Android ini dibanderol Oppo dengan harga 999 euro atau sekitar Rp 16,3 juta. Find X akan tersedia pertama kali di China, menyusul di sejumlah negara di Eropa.

Update 18 Juli 2018: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Oppo Find X di Indonesia

Apakah Oppo Find X akan dijual resmi di Indonesia? PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Medianto memastikan, Find X akan dibuka pemesananya bulan depan (Juli) dan mulai dijual di Tanah Air pada Agustus mendatang.

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Oppo Find X

“Jadwal (penjualan) Find X di Indonesia sama dengan Eropa. (Di Indonesia) sudah masuk persiapan pendaftaran TKDN,” ujar Aryo ditemui setelah peluncuran Find X di Paris, Perancis, Rabu (20/6/2018).

Aryo mengatakan, Find X tentu saja akan diproduksi di dalam negeri untuk mendapatkan sertifikasi kandungan komponen lokal ponsel 4G. Pabrik Oppo di kawasan Mauk, Tangerang, Banten diklaim sudah siap memproduksi Find X.

Lini produksi pabrik Oppo di Tangerang, disebut Aryo, sudah siap mengimplementasikan komponen baru di Find X yang belum ada di ponsel Oppo sebelumnya. Komponen baru tersebut, seperti kamera geser bermotor, layar lengkung 2,5D, dan lainnya.

Seperti diketahui, Oppo memiliki pabrik perakitan ponsel seluas 2,7 hektar sejak 2016 lalu. Pabrik Oppo ini turut memproduksi ponsel Oppo untuk diekspor ke sejumlah negara, tak hanya untuk kebutuhan di Indonesia saja.

Baca juga: Memegang dan Melihat Oppo Find X dari Berbagai Sisi

“Pre-order Oppo Find X di Indonesia akan dibuka bulan depan (Juli), unitnya akan tersedia Agustus. Ada penawaran menarik bagi yang pre-order,” ujar Aryo.

Saat ditanya soal harga Oppo di Indonesia, Aryo menolak untuk menyebutkan angka pastinya. Ia hanya menjawab diplomatis, “Jika dilihat dari kebiasaan Oppo meluncurkan di luar (Indonesia), harga di Indonesia biasanya lebih murah.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.