Kompas.com - 19/07/2018, 09:41 WIB
Fitur Reactions tengah diuji coba untuk Instagram Stories. AndroidPoliceFitur Reactions tengah diuji coba untuk Instagram Stories.

KOMPAS.com - Tombol “Reactions” telah terpasang di jejaring sosial Facebook sejak dua tahun lalu. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk merespons unggahan teman dengan emoji, sehingga lebih ekspresif ketimbang sekadar tombol “Like”.

Tombol Reactions lantas diekspansi ke kolom komentar Facebook dan layanan pesan singkat Messenger. Kini, fitur itu kabarnya juga sedang diuji coba ke platform berbagi konten visual Instagram.

Lebih spesifik, tombol Reactions itu mengudara di Instagram Stories. Pengguna bisa merespons cuplikan video singkat dan foto keseharian teman dengan enam reaksi berbentuk emoji.

Masing-masing adalah emoji tepuk tangan (applause), menangis-tertawa (cry-laughing), mata bentuk hati (heart eyes), wajah dengan mulut terbuka (face with open mouth), menangis (crying), dan api (fire), sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (19/7/2018), dari Android Police.

Tombol emoji tepuk tangan dan api adalah dua tombol reactions yang belum ada di postingan Facebook.

Baca juga: Tombol Dislike Batal, Facebook Bikin Reactions

Tombol Reactions pada Instagram Stories terpatri di sisi bawah layar sebelah kiri, berdampingan dengan kolom “write a message”. Dulunya tempat itu untuk menaruh ikon kamera saat pengguna hendak membalas unggahan teman dengan foto.

Ikon kamera lantas dipindahkan ke sisi kanan, berdampingan dengan ikon panah untuk meneruskan (forward) unggahan seseorang ke teman lainnya.

Tombol Reactions ini tersedia untuk aplikasi Instagram v54.0.0.14.82. Kini masih dalam tahap pengujian, belum jelas kapan bakal meluncur resmi ke publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.