Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi - Kompas.com

Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi

Kompas.com - 10/08/2018, 09:31 WIB
S Pen baru dengan Bluetooth pada Galaxy Note 9.Lulu Cinantya/Kompas.com S Pen baru dengan Bluetooth pada Galaxy Note 9.

NEW YORK, KOMPAS.com - Pena digital S Pen mendapat peningkatan yang revolusioner pada Galaxy Note 9. Bukan cuma untuk mencatat dan doodling, S Pen kini bisa berperan ganda sebagai “remote”.

Hal ini dimungkinkan konektivitas Bluetooth yang disematkan di dalam S Pen. Sebelumnya, masyarakat sempat khawatir Bluetooth pada S Pen bakal menimbulkan masalah, mengingat diperlukan baterai tambahan untuk menjalankannya.

Director of Product Marketing Samsung, Jon Wong, menegaskan tak ada yang perlu dikhawatirkan. Baterai pada S Pen akan otomasi terisi ulang dayanya ketika Galaxy Note 9 dicas.

“Pengisian daya penuh untuk S Pen cuma butuh waktu di bawah satu menit (40 detik). Bahkan jika S Pen mati, fungsi dasarnya akan tetap berlaku,” kata Jon Wong di sela-sela “Galaxy Unpacked”, Kamis (9/8/2018), Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Jon Wong memamerkan apa saja fungsi S Pen dengan Bluetooth, sebagai berikut.

Pertama, membuka aplikasi. Pada pengaturan default, aplikasi kamera bakal terbuka ketika pengguna memencet dan menahan tombil pada S pen. Namun, pengguna bisa menggantinya dengan aplikasi lain sesuai kebutuhan.

Kedua, membidik foto. Selama ini selfie beramai-ramai cukup menyusahkan. Bagaimana tidak, pengguna harus menyetel “timer” atau memakai alat bantu semacam tongkat selfie (tongsis).

Fungsi baru S Pen tak membutuhkan keruwetan itu. Cukup letakkan smartphone dari kejauhan, lantas klik tombol S Pen satu kali untuk menjepret sebanyak yang diinginkan.

Ketiga, melihat foto di galeri. Hasil foto yang dijepret bisa dilihat bersama-sama di galeri. Cukup tekan satu kali untuk melihat foto berikutnya dan tekan dua kali untuk kembali ke foto sebelumnya.

S Pen baru dengan Bluetooth pada Galaxy Note 9.Lulu Cinantya/Kompas.com S Pen baru dengan Bluetooth pada Galaxy Note 9.

Keempat, merekam suara. Dalam keadaan aplikasi perekaman suara terbuka, pengguna bisa menggunakan S Pen untuk mulai merekam atau menjeda (pause) perekaman.

Kelima, mengontrol musik. Ketika pengguna mendengar musik via Galaxy Note 9, tak perlu sering-sering bersentuhan dengan layar hanya untuk beranjak ke lagu berikutnya atau pause.

Dengan S Pen terbaru, pengguna bisa mengontrol beberapa perintah seperti mainkan (play), jeda (paus), hingga langkahi (skip) musik.

Baca juga: Samsung Resmikan Galaxy Note 9 dengan Stylus Bluetooth

Keenam, mengontrol YouTube. Fungsi ini mekanismenya sama dengan pemutaran lagu atau perekaman suara. Pengguna bisa menjadikan S Pen sebagai remote untuk memainkan, menjeda, atau melangkahi video di YouTube.

Ketujuh, pengontrol presentasi. Ketika file presentasi terbuka dan disambungkan ke layar besar, Anda bisa menjadikan S Pen sebagai “slide control”. Cukup tekan tombol untuk beralih ke slide selanjutnya.

Kedelapan, membuka dan mengunci smartphone. Fungsi ini masih dalam tahap pengembangan. Ketika KompasTekno menjajal Galaxy Note 9 langsung di arena hands-on di Barclays Center, pengaturannya sudah ada tetapi belum bisa diimplementasikan.

Galaxy Note 9 dijual mulai Rp 13,5 juta (6GB/128GB) hingga Rp 18 juta (8GB/512GB). Pemesanan awal (pre-order) sudah dibuka melalui berbagai channel dan ketersediaannya pada 24 Agustus 2018 mendatang. (Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note 9)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X