Apa yang Baru dari Samsung Galaxy Note 9?

Kompas.com - 10/08/2018, 14:26 WIB
Samsung Galaxy Note 9 Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comSamsung Galaxy Note 9

NEW YORK, KOMPAS.com - Lama dinanti, Samsung Galaxy Note 9 akhirnya resmi rilis pada Kamis (9/8/2019), di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Smartphone flagship tersebut mengusung tagline “The New Powerful Smartphone in The World”.

Jika dilihat dari segi desain, Galaxy Note 9 tak banyak berubah dari pendahulunya, Note 8. Hanya saja, ukurannya sedikit lebih jumbo dengan  bentang layar 6,4 inci.

Letak sensor sidik jarinya pun dipindahkan dari yang sebelumnya berdampingan dengan kamera ganda, kini malah diturunkan ke bawah.

Secara fakta, Galaxy Note 9 juga lebih tebal 0,2 mm karena baterainya juga lebih besar. Hanya saja, ketika digenggam, perasaannya sama saja dengan menggenggam Galaxy Note 8.

Lantas, perubahan signifikan apa yang bisa dilihat di Galaxy Note 9? Berikut catatan KompasTekno pasca menjajal singkat (hands-on) Galaxy Note 9.

Pertama, S Pen dengan koneksi Bluetooth. Ini merupakan keunggulan utama Galaxy Note 9, menandai inovasi pena digital yang revolusioner.

S Pen kini tak cuma berfungsi mencatat dan doodling serasa di atas kertas, tetapi juga bisa berperan sebagai remote. Setidaknya ada delapan skenario aktivitas yang bisa dipermudah dengan S Pen.

Tiga di antaranya adalah menjepret tanpa memegang smartphone, mengontrol jalannya presentasi, serta mengontrol pemutaran musik dan video.

Baca juga: Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi

Kedua, kamera ganda dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Galaxy Note 9 masih mempertahankan sensor berkualitas 12 megapiksel untuk masing-masing lensa wide dan telephoto, serta dual-aperture F/2.4 dan F/1.5.

Bedanya, kamera Galaxy Note 9 dilengkapi teknologi kecerdasan buatan alias AI yang mampu mengenali 20 tipe subjek secara cepat. Dengan begitu, penyetelan foto bisa otomatis disesuaikan sehingga hasilnya apik.

Ketiga, performa serba jumbo. Galaxy Note 9 memang masih mengandalkan prosesor yang sama dengan Galaxy S9 Plus, yakni Snapdragon 845 atau Exynos 9810, tergantung wilayah pemasarannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X