Nokia 1 Tidak Lelet Meski Cuma Pakai RAM 1 GB, Kok Bisa?

Kompas.com - 14/08/2018, 09:18 WIB
Miranda Vania Warokka, Marketing Head Nokia Indonesia (kiri) dan Irvan Ridha Hasibuan, Trainer Lead HMD (kanan) saat memamerkan Nokia 1 di Cafe La Taverna, Solo Miranda Vania Warokka, Marketing Head Nokia Indonesia (kiri) dan Irvan Ridha Hasibuan, Trainer Lead HMD (kanan) saat memamerkan Nokia 1 di Cafe La Taverna, Solo

SOLO, KOMPAS.com - Saat ini vendor smartphone berlomba-lomba menawarkan ukuran RAM dan kapasitas penyimpan internal yang besar demi memanjakan penggunanya agar lebih bisa banyak menyimpan aplikasi, foto, dan video.

Namun tren ini justru tidak diikuti Nokia yang digawangi HMD Global. Pasalnya, Nokia 1 hanya menyediakan RAM berkapasitas 1 GB dan media internal 8 GB, meski bisa diekspansi hingga 128 GB dengan microSD.

Pengamat gadget Herry SW sempat bertanya ke peserta yang datang ke rangkaian peluncuran Nokia 1 di Solo, Senin (13/8/2018), tentang respons setelah mendengar ukuran RAM Nokia 1.

Sebagian besar berseru enggan menjajal ponsel tersebut. Ada juga yang berpendapat jika punya RAM kecil rentan membuat ponsel cepat lelet.

"Masa depan suram ya kalau lihat spek, lemot satu, kedua baterai setengah hari sudah habis, ketiga bisa untuk mengendalikan emosi," kelakar Herry.

Namun Herry mengaku ekspektasi awalnya cukup terbantahkan setelah mencoba beberapa hari.

"Ternyata realitanya tidak seperti itu. Saya pakai sebagai ponsel utama selama beberapa hari enggak seperti itu (tidak lelet)," akunya.

Hal itu dikarenakan Nokia 1 didukung sepenuhnya oleh Pure Android Oreo Go Edition. Nokia mendeklarasikan diri sebagai global brand pertama yang meluncurkan ponsel Android Go Edition di Indonesia.

Baca juga: Google Luncurkan Android Go, Nyawa Baru untuk Ponsel Pas-pasan

Kecepatan Nokia 1 disebut 15 persen lebih lancar dibanding ponsel non Android Go. Sebab, aplikasi yang terkandung didalamnya kebanyakan berlabel "Go" yang berukuran lebih ringan.

Aplikasi Go Edition disebut rata-rata terpangkas hingga 50 persen dari aplikasi Android reguler.

Aplikasi Gmail misalnya, jika terinstal di ponsel Android reguler ukurannya bisa mencapai 38,62 MB sementara Nokia 1 dengan Android Go hanya berukuran 25,81 MB.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X