Kompas.com - 17/08/2018, 16:05 WIB
Menkominfo Rudiantara (kiri) dan Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya (kanan) saat peresmian CE & SOC XL di Jakarta, Rabu (15/8). XL AxiataMenkominfo Rudiantara (kiri) dan Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya (kanan) saat peresmian CE & SOC XL di Jakarta, Rabu (15/8).

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata meresmikan pusat monitoring kualitas layanan terpadu yang baru bernama “Customer Experience & Service Operation Center” (CE & SOC), di Jakarta, Rabu (15/8).

Pusat monitoring yang berada di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta Selatan ini akan menjadi sarana utama XL Axiata untuk memastikan tetap primanya kualitas semua layanan, seiring dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan juga trafik layanan.

Pusat monitoring baru ini juga akan semakin memudahkan XL Axiata dalam memantau dinamika layanan terkait semakin berkembangnya layanan data/Internet, termasuk perilaku penggunaan layanan oleh pelanggan pada suatu layanan.
 
"Untuk memastikan semua pelanggan mendapatkan layanan terbaik, kami membutuhkan suatu pusat komando yang mampu memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh," kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (17/8/2018).
 
CE & SOC yang diresmikan terdiri dari ruang monitoring yang terintegrasi untuk 4 NOC (Network Operation Center) yang berbeda, yaitu Jaringan Telco, IT Infrastructure, IT Apps, dan Billing.

Melalui fasilitas ini, XL Axiata akan memiliki visibilitas yang lebih baik dan spesifik dalam memastikan kualitas layanan, misalnya terkait layanan game, media sosial, streaming, broadband baik perumahan maupun bergerak, juga bisnis enterprise.

Kegiatan pemantauan dilakukan oleh tim siaga setiap hari selama 24 jam/7 hari dalam sepekan guna memastikan XL Axiata dapat memberikan layanan yang terbaik bagi lebih dari 52 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia

Menurut Dian, saat ini pelanggan XL terus tumbuh, demikian juga dengan trafik pemakaian, terutama untuk layanan data.

Sekitar 79 persen dari total pelanggan XL merupakan pelanggan data. Untuk wilayah yang sudah tersedia layanan data juga diklaim semakin meluas. Dian mengatakan sudah lebih dari 380 kota/kabupaten yang terjangkau jaringan 4G LTE XL, dan lebih dari 460 kota terjangkau 3G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan ini tentunya juga akan terus bertambah," ujar Dian.

Turut hadir dalam peresmian ini Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika, Ahmad M. Ramli serta Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.