Oppo Bakal Pertama Pakai Snapdragon 855?

Kompas.com - 20/08/2018, 12:21 WIB
Booth Oppo IstimewaBooth Oppo
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah Snapdragon 845 yang diperkenalkan pada Desember 2017, Qualcomm diprediksi bakal meresmikan system-on-chip kelas atas berikutnya menjelang akhir tahun ini.

Meski belum diumumkan, chip yang mungkin bernama Snapdragon 855 sudah dirumorkan bakal hadir di perangkat bikinan Oppo.

Vendor gadget asal Negerti Tirai Bambu ini pun disebut-sebut akan menjadi salah satu pabrikan pertama yang mengusung Snapdragon 855 di produknya.

Snapdragon 855 kabarnya akan dibuat dengan proses fabrikasi 7nm. Inti CPU di dalamnya disinyalir menggunakan arsitektur ARM Cortex-A76 yang menawarkan peningkatan kinerja sebesar 35 persen dengan konsumsi daya 40 perseb lebih irit.

Nama sang SoC sendiri mungkin bukan “Snapdragon 855” karena Qualcomm turut digosipkan sedang mempertimbangkan skema nama baru untuk lebih membedakan SoC ini dari seri Snapdragon 850 yang ditujukan untuk laptop always connected.

Selain di ponsel kelas atas, Snapdragon 855 diprediksi juga akan digunakan di sistem navigasi kendaraan dan komputer infotainment, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Senin (20/8/2018).

Oppo diketahui menggunakan chip Snapdragon 845 di ponsel flagship Find X. Lantaran itu, tak mengherankan apabila pabrikan ini berniat melepas produk berbasis Snapdragon 855, kemungkinan tahun depan setelah SoC yang bersangkutan resmi diumumkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Oppo F9 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Di samping Snapdragon 855, Oppo turut dikabarkan bakal menjadi salah satu pabrikan pertama yang bakal meluncurkan ponsel berbasis chip MediaTek Helio P80 dan P90. Kemungkinan salah satunya bakal dipakai di smartphone seri R besutan Oppo. 

Sama seperti Snapdragon 855, kedua chip Helio ini pun belum resmi diumumkan oleh pembuatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.