Nikon Umumkan Kamera Mirrorless “Full Frame” Z6 dan Z7

Kompas.com - 24/08/2018, 11:24 WIB
Kamera mirrorless full-frame Nikon Z7 dan Z6. NikonKamera mirrorless full-frame Nikon Z7 dan Z6.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah serangkaian rumor dan teaser, duo kamera mirrorless full-frame Z Series dari Nikon pekan ini akhirnya resmi diumumkan oleh sang pabrikan.

Debut Z Series ditandai oleh dua model kamera, yakni Z6 dan Z7. Perbedaan di antara keduanya antara lain terletak di resolusi sensor yang digunakan.

Nikon Z7 merupakan model flagship dengan sensor full-frame 45,7 megapiksel (rentang ISO 64025.600). Dipadukan dengan chip pengolah gambar Expeed 6, Nikon Z7 sanggup menghasilkan burst rate 9 FPS.

Nikon turut membekali Z7 dengan 493 titik autofokus yang nyaris menutupi seluruh area frame dengan cakupan mencapai 90 persen.

Sementara itu, Nikon Z6 dioptimalkan untuk situasi low-light dan kecepatan memotret. Kamera ini memiliki sensor full-frame backside-illuminated 24,5 megapiksel dengan rentang ISO 100-51.200 dan chip Expeed 6 untuk burst rate 12 FPS.

Jumlah titik AF di NIkon Z6 lebih sedikit dibandingkan Z7, yakni 273 titik, namun masih termasuk banyak untuk ukuran kamera mirrorless masa kini.

Bagian belakang kamera mirrorless full frame Nikon. Di sisi top plate terdapat LCD monokrom berukuran kecil untuk menampilkan aneka parameter pemotretan.Nikon Bagian belakang kamera mirrorless full frame Nikon. Di sisi top plate terdapat LCD monokrom berukuran kecil untuk menampilkan aneka parameter pemotretan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Jumat (24/8/2018), Nikon Z7 dan Z6 memiliki tampilan fisik yang mirip. Keduanya sama-sama bergaya DSLR dengan punuk berisi electronic viewfinder (3,69 megapiksel, magnifikasi 0,8 kali) di bagian tengah.

Di bagian top plate kedua kamera terdapat display LCD monokorom yang menampilkan aneka parameter pemotretan, ala kamera DSLR profesional. Sisi belakang memuat layar sentuh 3,2 inci yang bisa ditekuk ke atas dan ke bawah.

Fitur lain dari Nikon Z7 dan Z6 termasuk bodi tahan cuaca, perekaman video 4K Ultra HD, dan peredam goyangan in-body image stabilizer 5 Axis.

Mounting dan lensa baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X