Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Google Datally Bisa "Tabung" Kuota Data

Kompas.com - 24/08/2018, 17:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi manajemen data bikinan Google, Datally baru saja mendapat cukup banyak pembaruan di versi terbarunya. Pembaruan pertama dinamakan "emergency bank".

Sesuai namanya, pengguna bisa menyimpan kuota data internet untuk digunakan di kala mendesak. Misalnya saja saat kuota utama habis dan harus membutuhkan koneksi internet segera, pengguna bisa menggunakan data cadangan tersebut.

Pengguna bebas menabung berapa kuota dala satuan MB atau GB. Datally akan mengunci kuota data yang telah ditentukan pengguna, jika kuota telah mencapai batas tersebut, semua aplikasi akan secara otomatis diblokir.

Ada pula fitur "bedtime mode" atau mode waktu tidur. Fitur ini akan mencegah aplikasi mengonsumsi kuota selagi pengguna tidur dengan cara menon-aktifkan semua penggunaan data pada malam hari.

Fitur baru Datally yakni cadangkan kuota data dan mode tidurKompas.com Fitur baru Datally yakni cadangkan kuota data dan mode tidur
Pengguna cukup mengatur waktu tidur dan bangun untuk menyesuaikan kebutuhan data. Selain itu, pengguna juga bisa melacak Wi-Fi di lokasi terdekat menggunakan peta sehingga mudah untuk menunjukan arahnya.

Tidak hanya menyimpan kuota, Datally juga memiliki fitur untuk membatasi jatah pemakaian data internet per hari. Pengguna bisa mengatur sendiri besarannya dalam satuan MB atau GB. Jika telah mencapai batas kuota, pengguna akan mendapatkan notifikasi.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Pembatasan kuota juga bisa diatur jika pengguna "berdonasi" kuota. Melalui fitur yang disebut "mode tamu", pengguna bisa mengatur batas maksimal kuota yang boleh digunakan orang lain saat tethering.

Seperti KompasTekno lansir dari Phone Arena, Jumat (24/8/2019), semua pembaruan ini telah tersedia dan bisa di-update di Google Play.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com