Aplikasi Google Datally Bisa "Tabung" Kuota Data

Kompas.com - 24/08/2018, 17:29 WIB
Datally, aplikasi penghemat kuota internet buatan Google. 9to5googleDatally, aplikasi penghemat kuota internet buatan Google.

KOMPAS.com - Aplikasi manajemen data bikinan Google, Datally baru saja mendapat cukup banyak pembaruan di versi terbarunya. Pembaruan pertama dinamakan "emergency bank".

Sesuai namanya, pengguna bisa menyimpan kuota data internet untuk digunakan di kala mendesak. Misalnya saja saat kuota utama habis dan harus membutuhkan koneksi internet segera, pengguna bisa menggunakan data cadangan tersebut.

Pengguna bebas menabung berapa kuota dala satuan MB atau GB. Datally akan mengunci kuota data yang telah ditentukan pengguna, jika kuota telah mencapai batas tersebut, semua aplikasi akan secara otomatis diblokir.

Ada pula fitur "bedtime mode" atau mode waktu tidur. Fitur ini akan mencegah aplikasi mengonsumsi kuota selagi pengguna tidur dengan cara menon-aktifkan semua penggunaan data pada malam hari.

Fitur baru Datally yakni cadangkan kuota data dan mode tidurKompas.com Fitur baru Datally yakni cadangkan kuota data dan mode tidur
Pengguna cukup mengatur waktu tidur dan bangun untuk menyesuaikan kebutuhan data. Selain itu, pengguna juga bisa melacak Wi-Fi di lokasi terdekat menggunakan peta sehingga mudah untuk menunjukan arahnya.

Tidak hanya menyimpan kuota, Datally juga memiliki fitur untuk membatasi jatah pemakaian data internet per hari. Pengguna bisa mengatur sendiri besarannya dalam satuan MB atau GB. Jika telah mencapai batas kuota, pengguna akan mendapatkan notifikasi.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Pembatasan kuota juga bisa diatur jika pengguna "berdonasi" kuota. Melalui fitur yang disebut "mode tamu", pengguna bisa mengatur batas maksimal kuota yang boleh digunakan orang lain saat tethering.

Seperti KompasTekno lansir dari Phone Arena, Jumat (24/8/2019), semua pembaruan ini telah tersedia dan bisa di-update di Google Play.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X