Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Kompas.com - 16/06/2018, 16:14 WIB
Datally, aplikasi penghemat kuota internet buatan Google. 9to5googleDatally, aplikasi penghemat kuota internet buatan Google.

KOMPAS.com - Kebanyakan aplikasi di perangkat Android selalu aktif diam-diam. Alhasil, aplikasi tersebut menghabiskan data kuota internet, yang tak jarang dikeluhkan para pengguna perangkat.

Sebab itu, akhir tahun lalu Google merilis aplikasi bernama Datally, yang membantu mengontrol konsumsi data kuota. Kala diuji coba, Google mengklaim jika pengguna bisa menghemat data hingga 30 persen.

Lantas, bagaimana caranya? Semua pengguna Android mulai dari versi 5.0 ke atas, bisa mengunduh aplikasi Datally secara gratis di Google Play Store melalui tautan berikut.

Pada intinya, Datally akan mematikan aplikasi yang masih menyedot kuota di belakang sistem (background). Aplikasi itu juga menggunakan koneksi VPN untuk menganalisis traffic pengguna.

Mengaktifkan data saver on akan memblokir beberapa apliaksi secara otomatis. Pengguna masih bisa mengatur aplikasi mana yang ingin diblok dan tidak.Kompas.com Mengaktifkan data saver on akan memblokir beberapa apliaksi secara otomatis. Pengguna masih bisa mengatur aplikasi mana yang ingin diblok dan tidak.

 

Setelah aplikasi terpasang di perangkat, lalu tombol "data saver" di layar utama diaktifkan, beberapa aplikasi akan otomatis diblok. Namun, pengguna masih bisa mengatur, aplikasi mana yang dianggap penting sehingga masih bisa menggunakan data di sistem background.

Biasanya, aplikasi yang tetap terkoneksi data adalah media sosial dan layanan pesan instan seperti WhatsApp atau Facebook, guna memberikan pembaruan notifikasi.

Baca juga: Google Rilis Datally, Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android

Setiap pengguna membuka aplikasi, Datally akan memberikan laporan seberapa banyak data yang digunakan dalam bentuk balon notifikasi yang muncul secara pop-up. Jumlah data yang dikonsumsi akan diberitahukan secara terus menerus selama aplikasi tersebut masih dibuka.

Dengan begitu, pengguna Android bisa mewanti-wanti untuk segera berhenti menggunakan aplikasi tersebut, jika kuota internet yang disedot dianggap terlalu banyak.

Saat balon notifikasi diketuk (tapping), akan muncul opsi untuk memblokir data aplikasi dan melihat detail penggunaan data secara keseluruhan.

Balon notifikasi (paling kiri) yang muncul secara pop-up untuk memberi tahu seberapa banyak data yang dikonsumsi. Opsi ketika balon notifikasi diketuk (tengah) dan menonaktifkan balon notifikasi melalui menu pengaturan (paling kanan).Kompas.com Balon notifikasi (paling kiri) yang muncul secara pop-up untuk memberi tahu seberapa banyak data yang dikonsumsi. Opsi ketika balon notifikasi diketuk (tengah) dan menonaktifkan balon notifikasi melalui menu pengaturan (paling kanan).

Jika merasa terganggu dengan adanya balon notifkasi, pengguna bisa menonaktifkannya di pengaturan (setting), lantas geser tombol opsi "enable data saver bubble" ke kiri.

Pengguna bisa selalu meninjau berapa banyak data yang terkuras di setiap aplikasi, tiap jam, tiap hari, dan tiap bulan di menu "Manage Data Screen", sebagaimana KompasTekno himpun dari Fossbytes, Sabtu (16/6/2018).

Baca juga: Cara Hemat Kuota Data Saat Tonton Video Facebook, Instagram, dan Twitter

Datally juga akan membantu pengguna untuk melacak koneksi Wi-Fi berdasarkan lokasi pengguna yang bisa menjadi alternatif penghemat kuota internet. Melalui Google Maps, Datally akan menunjukan arah tempat terdekat pengguna yang memiliki koneksi Wi-Fi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Fossbytes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X