Komputer Apple Produksi 1970 Dilelang Seharga Supercar Terbaru

Kompas.com - 28/08/2018, 07:08 WIB

KOMPAS.com - Komputer orisinal Apple kembali masuk ke rumah lelang. Meski dari segi spesifikasi sangat jauh dari komputer Apple masa kini, harga lelangnya diprediksi bisa setara dengan harga satu unit supercar terbaru.

Model "Byte Shop-style Apple-1" atau yang umum disebut Apple I sedang dipersiapkan rumah lelang RR Auction dengan kisaran harga lelang lebih dari 300.000 dollar AS (sekitar Rp 4,3 miliar).

Harga tersebut hampir setara dengan supercar edisi terbaru yakni Aston Martin DBS Superleggera 2019 yang dijual seharga 308.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar. |

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Selasa (28/8/2019), Apple-I pertama kali diproduksi Steve Jobs dan Steve Wozniak pada pertengahan 1970.

Model Byte Shop Apple-1 sendiri adalah salah satu dari 50 komputer yang dibuat oleh Jobs dan Wozniak khusus untuk salah satu toko komputer personal pertama dunia, Byte Ship yang berlokasi di Mountain View, California.

Saat ini, komputer tersebut dikabarkan masih ada sekitar 60 unit. Setiap kali komputer tersebut masuk rumah lelang, harga komputer itu hampir setara dengan harga rumah.

Item Apple yang dilelang di rumah pelelangan RR AuctionRR Auction Item Apple yang dilelang di rumah pelelangan RR Auction

 

Seringnya, tidak hanya melelang motherboard saja, tapi juga monitor serta keyboard lawas yang terpasang di komputer Apple tahun 1976.

Barang Apple lain yang masuk rumah lelang juga termasuk laporan tahunan Apple disertai pesan pribadi, lengkap dengan tanda tangan Jobs.

Baca juga: Majalah dengan Tanda Tangan Steve Jobs Laku Rp 680 Juta

Uniknya, tanda tangan Bapak Apple itu diikuti pengejaan yang salah yakni "your" (milikmu) di mana seharusnya "you're" (kamu adalah).

Steve Jobs diketahui memang sering melakukan salah pengejaan. Ada pula buku tahunan Steve Jobs dengan perkiraan harga lelang 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan).

Baca juga: Penelusuran Putri Steve Jobs soal Komputer Apple Lisa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.