Haruskah Pemilik iPhone 5s Upgrade ke iOS 12?

Kompas.com - 21/09/2018, 10:13 WIB
iPhone 5S AppleiPhone 5S

KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 12 resmi meluncur. Sistem operasi ini membawa sejumlah fitur baru dan menjanjikan performa yang lebih cepat dari iOS sebelumnya.

iOS 12 juga diklaim dapat membuat iPhone lawas seperti iPhone 5s menjadi lebih cepat dan ringan dari sebelumnya. Peningkatan yang dibawa iOS 12 juga diklaim cukup signifikan dan bisa dirasakan ketika membuka keyboard, membidik foto, atau pekerjaan lainnya.

Meski demikian, pengguna gadget Apple lawas masih seringkali merasa khawatir untuk melakukan upgrade iOS meski perangkatnya didukung. Alasannya tentu saja khawatir kinerja bakal menurun seiring dengan hadirnya kemampuan baru.

Namun sepertinya hal itu tidak terjadi pada iOS 12. Sistem operasi terbaru ini ternyata memang membuat gadget lawas seperti iPhone 5s jadi terasa lebih ngebut ketimbang saat menggunakan iOS 11.

Baca juga: Ini Bukti iOS 12 Bikin iPhone 5s, 6s, dan 7 Jadi Lebih Kencang

Inilah yang terlihat dari hasil pengujian yang dilakukan GSM Arena. Mereka melakukan uji coba dengan menginstal iOS 12 pada iPhone 5s yang telah berusia lebih dari 4 tahun.

Hasilnya, performa ponsel memang terasa lebih baik ketimbang saat menggunakan iOS 11. Animasi yang berjalan saat membuka menu jadi lebih cepat dan minim lag.

Namun perlu diingat, animasi yang berjalan lancar bukan berarti performanya jadi lebih baik.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (21/9/2018), meski telah diupdate ke iOS 12, ada beberapa masalah yang terjadi karena keterbatasan jumlah RAM.

Sebagaimana kita tahu, iPhone 5s memang hanya memiliki RAM sebesar 1GB dan itu sangat minim untuk menjalankan aplikasi di tahun 2018 ini yang sangat rakus RAM.

Saat dilakukan pengujian, ponsel masih terasa lancar jika pengguna hanya membuka 3 sampai 4 aplikasi secara bersamaan. Lebih dari itu ponsel mulai tersendat dan aplikasi akan tertutup secara paksa dan diperlukan waktu untuk membuka kembali aplikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X