Lama Dinanti, Gamer PlayStation Akhirnya Bisa Mengganti “Username” PSN - Kompas.com

Lama Dinanti, Gamer PlayStation Akhirnya Bisa Mengganti “Username” PSN

Kompas.com - 11/10/2018, 18:18 WIB
Logo PlayStation Network.Sony Logo PlayStation Network.

KOMPAS.com - Setelah permintaan bertubi-tubi dari para pengguna selama bertahun-tahun, Sony akhirnya membuka titik terang tentang kemampuan gamer mengganti nama (ID) di PlayStation Network (PSN)

PSN adalah layanan distribusi konten dan online gaming besutan Sony yang pertama kali dibuat untuk mendukung konsol game PlayStation 3, lalu berlanjut hingga PlayStation 4.

Masalahnya, begitu pengguna mendaftar dengan membuat username (ID) untuk PSN, nama tersebut bersifat permanen dan tidak bisa diubah-ubah.

Tapi pembatasan itu bakal segera tak berlaku lagi karena Sony berencana menerapkan fitur baru di PSN untuk mengubah username pengguna.

Direktur Sosial Media Playstation Sid Shuman dalam pernyataan resminya di laman PlayStation, Rabu (10/10/2018), menerangkan bahwa fitur ini masih dalam tahap percobaan kepada mereka yang mendaftar dalam PlayStation Preview Program.

Baca juga: Sony Luncurkan PlayStation Classic, Harga Rp 1 Jutaan

“Setelah mengubah online ID, Anda bisa menampilkan ID lama bersama dengan ID baru agar bisa tetap dikenali oleh teman-teman,” tulis Shuman.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Kamis (11/10/2018), dalam percobaan ini, Sony menerapkan sistem pembayaran per ganti ID dengan menggratiskan penggantian ID pertama, mirip prinsip penggantian Gamertag milik Xbox.

"Perubahan ID pertama gratis, untuk perubahan selanjutnya, pengguna harus membayar 10 dolar AS per ID untuk pengguna biasa, dan 5 dolar AS oer ID untuk member PlayStation Plus." jelas Shuman.

Tahap percobaan fitur penggantian ID PSN ini dijadwalkan akan berlangsung hingga November mendatang dan diperkirakan akan resmi meluncur awal tahun depan.

Antisipasi “error”

Walaupun berbayar, Shuman menegaskan, tidak semua game yang sudah rilis akan kompatibel dengan ID baru yang sudah diganti.

"Perlu diketahui, tidak semua game dan aplikasi, dalam konsol PS4, PS3, dan PS Vita, terjamin bebas dari error dan mendukung penggantian ID PSN." ujar Shuman.

Masalah yang mungkin terjadi akibat perubahan ID adalah kehilangan data progress game serta achievement dan trophy.

Jika kesalahan terkait penggantian ID ini terjadi, pengguna diberikan kesempatan satu kali untuk mengembalikan ID sebelumnya dan masalah pun dijamin akan hilang.

"Mengembalikan ID ke awal sebelum diubah akan menyelesaikan semua masalah yang terjadi." pungkas Shuman.

Sebagai referensi, untuk menghindari error setelah perubahan, daftar game yang kompatibel akan senantiasa diperbarui di halaman resmi PlayStation.



Close Ads X