Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Ungguli PlayStation dan Xbox dengan "Konsol Lawas"

Kompas.com - 02/08/2018, 19:10 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Juni 2018 menjadi bulan yang bersejarah bagi Nintendo. Pasalnya angka penjualan konsol di bulan ini berhasil melampaui dua konsol game terpopuler sejagat yakni PS4 dan Xbox One.

Laporan ini dirilis oleh firma riset NPD Group. Berdasarkan catatan mereka, ini merupakan pertama kalinya sejak 1995 di mana penjualan konsol Nintendo berhasil melangkahi dua pesaingnya. Artinya, butuh 23 tahun bagi Nintendo untuk kembali merebut pasar konsol dari Sony.

Menariknya, konsol yang banyak terjual di bulan Juni ini bukan konsol seri teranyar, melainkan "konsol lawas" yang direinkarnasi, yakni Nintendo Classic.

"Ini adalah pertama kalinya konsol Nintendo Entertainment System telah memimpin dalam penjualan unit bulanan sejak penelitian NPD yang dimulai pada tahun 1995," kata analis NPD, Mat Piscatella sebagaimana diberitakan Venture Beat, Kamis (2/8/2018).

Ia menambahkan kebangkitan Nintendo Classic ini membantu perusahaan menghidupkan kembali penjualan angka penjualan konsol secara keseluruhan. Bahkan angka penjualan ini naik 52 persen dibandingkan pada Juni 2017 lalu.

Baca juga: Penjualan PlayStation 4 Lampaui 80 Juta Unit

Meski demikain bukan berarti angka penjualan PS4 dan Xbox One merosot. Kedua konsol ini tetap mencatatkan kenaikan jumlah penjualan.

"Semua platform generasi saat ini mencatatkan pertumbuhan penjualan. Keuntungan didorong oleh Fortnite, promo-promo saat periode E3 dan kembalinya NES Classic di jalur distribusi," lanjut Pistacella.

NES Classic sendiri dirilis sekitar akhir 2016 lalu. Konsol ini merupakan reinkarnasi dari NES lawas namun dengan ukuran yang lebih mini. Dalam paket penjualan, konsol tersebut sudah memuat sekitar 30 game lawas Nintendo yang populer pada zamannya.

Pada pertengahan 2017 lalu Nintendo sempat menghentikan distribusi konsol ini dan menggantinya dengan seri Super Nintendo Classic Edition. Saat pertama kali diluncurkan, konsol ini dibanderol sebesar 60 dollar AS atau sekitar Rp 800 ribu.

Angka penjualan konsol Nintendo secara keseluruhan memang tengah berada pada kondisi yang sangat baik. Nintendo diuntungkan dengan hadirnya Switch yang bahkan diprediksi dapat mengalahkan PlayStation 4 sebagai konsol nomor satu sejagat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com