Jack Ma Akan Didik Talenta Startup Indonesia di Kampus Alibaba - Kompas.com

Jack Ma Akan Didik Talenta Startup Indonesia di Kampus Alibaba

Kompas.com - 14/10/2018, 10:03 WIB
Pendiri dan pimpinan Alibaba Group Jack Ma usai melakukan pertemuan dengan pemerintah Indonesia dan Kadin di The Laguna Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Pendiri dan pimpinan Alibaba Group Jack Ma usai melakukan pertemuan dengan pemerintah Indonesia dan Kadin di The Laguna Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah menjalin kerja sama dengan perusahaan raksasa teknologi China, Alibaba yang didirikan oleh pebisnis kondang, Jack Ma.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, salah satu buah kerja sama itu adalah kesempatan belajar bagi petinggi startup Indonesia di Alibaba Campus di Hangzhou, Cina.

"Tahun depan dia (Jack Ma) sediakan (kampus), nanti pendidikan bagi C-Level, Chief-Level, nanti bisa di Hangzhou, karena mereka punya (target) satu tahun itu ada seribu (tech leader yang dicetak)," kata Rudiantara di Nusa Dua, Sabtu (13/10/2018).

Rudiantara menuturkan, Kamar Dagang dan Industri akan menyeleksi petinggi startup yang dinilai layak untuk 'berguru' ke Jack Ma.

Baca juga: 70 Startup Lokal Dicomblangkan dengan 88 Pemodal dari 13 Negara di Bali

Ia memastikan, startup yang terpilih nanti adalah startup yang sudah teruji dan mempunyai pengalaman.

"Bukan startup-startup-an lah, yang barangkali stage-nya sudah harus di seri A atau B, bukan yang baru seed capital," ujar dia.

Namun, Rudiantara tidak bisa menyebut jumlah startup yang akan dikirim ke China, karena hal itu akan ditentukan oleh Kadin.

Diberitakan sebelumnya, Kemenkominfo berencana mencetak 20.000 talenta di bidang industri teknologi digital dengan bekerja sama dengan perusahaan teknologi besar serta sejumlah perguruan tinggi.



Close Ads X