Fitur Stiker di WhatsApp Mulai Disebar

Kompas.com - 25/10/2018, 08:03 WIB
Ilustrasi WhatsApp. IstIlustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com - Setahun belakangan, WhatsApp sibuk memperkaya fitur di platformnya. Mulai dari video call berjamaah, memperpanjang masa hapus pesan, dan membalas WhatsApp Status dengan GIF atau file dokumen.

Belum berhenti, menjelang akhir tahun, WhatsApp akhirnya merilis fitur stiker bagi pengguna secara global, setelah diuji coba secara internal. Fitur stiker di WhatsApp ini sudah mulai mendarat di platform Android maupun iOS.

Untuk pengguna iOS, bisa menemukan kumpulam stiker pada sub-menu, sederet dengan ikon untuk berbagi foto dan video. Sementara untuk pengguna Android, bisa mengakses stiker melalui sub-menu emoji di kolom menulis pesan, di sebelah GIF.

Untuk awalan, WhatsApp baru menyediakan beberapa stiker dasar. Tapi ke depannya, pengguna bisa mengunduh lebih banyak stiker sesuai pilhan mereka. Mereka juga bisa mengambil stiker dari pihak ketiga yang akan segera ditambahkan WhatsApp.

Baca juga: Ada Stiker dan Filter Foto Baru di Instagram

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (25/10/2018), ketika menerima siker, pengguna bisa mengetuk stiker tersebut untuk mengetahui informasi tentang stiker yang diterima, jika mereka belum mengoleksinya.

Fitur stiker di WhatsAppPhone Arena Fitur stiker di WhatsApp

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tertarik, pengguna bisa menambahkan stiker tersebut sebagai stiker favorit. Untuk mencobanya, pengguna harus memperbarui WhatsApp ke versi 2.18.329 di Google Play Store, meski pengguna yang masih menggunakan versi 2.18.310 dilaporkan juga bisa menjajal fitur ini.

Sementara bagi pengguna iOS, bisa memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.18.100.

Dari pantauan KompasTekno hari ini, meski telah bergulir untuk global, namun penyebaran fitur stiker baik bagi pengguna Android dan iOS belum merata.

Pembaruan di platform Android yang paling baru adalah penambahan fungsi gestur, di mana pengguna bisa membalas pesan cukup dengan menggesernya ke kanan. Kemungkinan, fitur stiker akan mulai merata dalam beberapa minggu ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.