Inikah Ponsel Android Pertama Pakai Chip Helio P70?

Kompas.com - 26/10/2018, 17:03 WIB
Realme umumkan akan jadi brand pertama yang gunakan chipset Helio P70 Gizmo ChinaRealme umumkan akan jadi brand pertama yang gunakan chipset Helio P70

KOMPAS.com - Hanya selang sehari setelah pabrikan chipset MediaTek mengumumkan Helio P70, Realme sesumbar akan membuat smartphone pertama yang akan mengadopsi chipset tersebut.

Pengumuman itu disampaikan langsung dalam acara India Mobile COngress (IMC) 2018 yang berlangsung di New Delhi pekan ini.

"Realme selanjutnya akan didkung oleh (Helio) P70 dan akan meluncur segera," papar CEO of Realme India, Madhav Sheth.

Lebih lanjut, Sheth sesumbar jika ponsel yang dimaksud akan menjadi pionir baru di kelasnya, yang ia sebut bukanlah penerus Realme 2 atau Realme 2 Pro.

MediaTek Helio P70 merupakan penerus dari MediaTek P60 yang diluncurkan awal tahun ini.
system-on-chip (SoC) ini dibuat menggunakan teknologi FinFET 12nm TSMC dan hadir dengan multti-core APU, yang beroperasi pada kecepatan 525MHz dan pengolahan edge-AI di mana algoritma AI diproses secara lokal di hardware perangkat.

Baca juga: Pecah Rekor, 15.000 Realme 2 Terjual dalam 10 Menit di Indonesia

AI tersebut akan memberikan 10 hingga 30 persen peningkatan pada pemrosesan AI dibanding Helio P60. Helio P70 memiliki empat inti ARM Cortex-A73 dengan kecepatan kunci 2,1 GHz dan empat inti ARM Cortex-A53 dengan kecepatan kunci 2.0GHz yang terkumpul menjadi delapan inti besar.

Selain itu, di sisi grafis, Helo P70 dtunjang dengan ARM Mali-G72 MP3 GPU yang beroperasi hingga 900MHz, yang dijanjikan akan meningkatkan kinerja perangkat hingga 13 persen dibanding Helio P60.

Realme sendiri semakin percaya sendiri setelah lepas dari sang induk, Oppo. Dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Jumat (26/10/2018), Realme mengawali debutnya sebagai sub-brand Oppo namun akhirnya memutuskan untuk menjadi brand mandiri.

Meski demikian, Realme masih menggunakan pasokan dari Oppo dan numpang di layanan servis Oppo. Realme 1 menjadi debut pertama Realme yang kala itu masih di bawah Oppo.
Realme 1 dipersenjatai oleh chipset Helio P60.

Namun saat merilis smartphone berikutnya, Realme ganti mengandalkan chipset pabrikan Qualcomm alih-alih MediaTek. Realme 2 diotaki Snapdragon 450, sementara Realme 2 Pro yang baru dirilis bulan lalu, diotaki Snapdragon 660.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X