Samsung Tergerus, Pasaran Smartphone Dunia Kembali Menurun - Kompas.com

Samsung Tergerus, Pasaran Smartphone Dunia Kembali Menurun

Kompas.com - 04/11/2018, 08:32 WIB
Ilustrasi bermain game di smartphoneSHUTTERSTOCK Ilustrasi bermain game di smartphone

KOMPAS.com - Sebanyak 355,2 juta unit smartphone dikapalkan sepanjang kuartal ketiga 2018. Setidaknya begitu menurut laporan teranyar dari firma riset pasar International Data Corporation ( IDC).

Angka tersebut lagi-lagi mencatat penurunan dari tahun ke tahun, kali ini sebanyak 6 persen. Sudah empat kuartal berturut-turut industri smartphone memperlihatkan stamina bisnis yang lesu jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dua faktor yang dianggap paling berkontribusi terhadap fenomena ini adalah Samsung dan pasar China, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (4/11/2018), dari situs resmi IDC.

Pada kuartal ketiga 2018, Samsung mengapalkan 72,2 juta smartphone atau menurun 13,4 persen dari tahun sebelumnya. Pangsa pasarnya masih menjadi yang terbesar, tetapi turun dari 22,1 persen di tahun 2017 menjadi 20,3 persen.

Menurut IDC, Samsung Galaxy Note 9 yang baru-baru ini dirilis menerima antusiasme tinggi dari masyarakat. Hanya saja, sang pabrikan Korea Selatan terus tergerus di pasar menengah ke bawah.

Hal ini pun agaknya disadari Samsung, sehingga sang CEO beberapa saat lalu mengumumkan bakal lebih fokus menggarap pasar kelas menengah ke bawah di tahun-tahun selanjutnya.

Pasar China loyo

Selanjutnya, pasar China pun dinilai semakin loyo sejak kuartal kedua 2017 lalu. Minat pasar terhadap smartphone agaknya tak seagresif dulu, di mana pada semester pertama 2018 saja penurunannya sudah 11 persen dari periode sebelumnya.

Padahal China merupakan pasar smartphone terbesar. Sepertiga dari konsumen smartphone global diraup oleh China sendiri sebagai negara dengan populasi tertinggi.

Untuk selengkapnya, berikut urutan lima besar smartphone global pada kuartal ketiga 2018 berdasarkan catatan IDC.

Laporan IDC kuartal ketiga (Q3) 2018.IDC Laporan IDC kuartal ketiga (Q3) 2018.



Close Ads X