Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Acara Dini Hari Besok, Resmikan Ponsel Lipat?

Kompas.com - 07/11/2018, 17:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WIRED.COM

KOMPAS.com -Setelah lama dirumorkan, ponsel lipat Samsung kabarnya akan segera meluncur dalam acara Samsung Developer Conference (SDC) tahunan di Moscone Center, San Fransisco, Amerika Serikat.

Acara yang akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Samsung_dev itu akan dimulai pada pukul 10.00 pagi, tanggal 7 November waktu setempat, atau pukul 01.00 dini hari, tanggal 8 November Waktu Indonesia Barat.

Bocoran mengenai ponsel lipat Samsung telah beredar selama beberapa tahun belakangan. Ponsel lipat ini dirumorkan akan masuk ke lini smartphone baru bernama "Galaxy F" dengan nomor model SM-F900U.

Baca juga: Samsung Amankan "Tagline" Ponsel Lipat Galaxy F

Kabar terakhir menyebut sang ponsel telah masuk tahap pengujian di AS dengan nomor build F900USQU0ARJ5. Layarnya disebut memiliki ukuran 7,29 inci saat dibentangkan. Ketika dilipat seperti buku, ukuran display akan berubah menjadi 4,6 inci.

Ponsel ini turut disinyalir akan memiliki baterai berkapasitas 3.000 mAh. Untuk urusan dapur pacu, ada kemungkinan Samsung meminang Snapdragon 8150 yang belum resmi diumumkan. Chip tersebut akan didukung memori internal seluas 512 GB.

Karena bentuknya yang unik dibanding smartphone biasa, Samsung disebut telah menyiapkan OS dan antarmuka Samsung experience yang khusus dirancang untuk sang ponsel lipat.

i.Baca juga: Gandeng Google, Samsung Bikin OS Android Khusus Ponsel Lipat?

Jika benar akan diumumkan dini hari nanti, Samsung mungkin tak akan buru-buru menjualnya secara komersil, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Wired, Rabu (7/11/2018).

Kemungkinan besar, Samsung hanya akan memamerkan wujud asli ponsel lipat untuk memberikan gambaran bagi pengembang software agar lebih familiar dengan desainnya sekaligus mengira-ngira bagaimana aplikasi mereka akan bekerja di ponsel lipat in

Selain Samsung, beberapa vendor lain juga sesumbar sedang menyiapkan ponsel lipat. Sebutlah Huawei, LG, Lenovo, bahkan juga Apple yang sempat mematenkan konsep iPhone foldable.

Baca juga: Bukan dari Samsung atau Huawei, Inilah Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Sementara beberapa waktu lalu, start-up asal California bernama Royole, telah lebih dulu memperkenalkan ponsel lipat bernama FlexPai. Dideklarasikan sebagai ponsel lipat komersil pertama di dunia.

Nah, benarkah Samsung akan memperkenalkan ponsel lipatnya dalam acara dini hari nanti? Silakan simak tayangan langsungnya lewat tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com