Agar Baterai Android Lebih Irit, Aktifkan Mode Tampilan "Dark Mode"

Kompas.com - 12/11/2018, 06:52 WIB
Ilustrasi YouTube Dark Mode Android PoliceIlustrasi YouTube Dark Mode
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Selama beberapa bulan belakangan, Google gencar merilis fitur "dark mode" alias mode layar khusus dengan tampilan serba  gelap untuk sejumlah aplikasi buatannya.

Bukan tanpa sebab, ternyata mode gelap ini berguna untuk membuat baterai ponsel Android jadi lebih irit. Hal tersebut diungkapkan oleh Google dalam gelaran Android Dev Summit 2018 di Amerika Serikat, pekan lalu.

Google mengatakan bahwa daya tahan baterai ponsel juga dipengaruhi oleh tingkat kecerahan layar dan warna latar yang digunakan.

Mode gelap mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti latar belakang putih menjadi berwarna hitam.

Baca juga: Google Maps Bisa Setel "Dark Mode" Permanen, Caranya?

Tingkat konsumsi daya baterai akan berkurang dengan signifikan karena layar ponsel (backlight pada tipe LCD, atau per-pixel untuk layar OLED) tak perlu menerangi bagian yang berwarna gelap 

Apalagi jika mode gelap ini digunakan pada ponsel pada layar dengan panel AMOLED. Panel ini mampu menghemat daya baterai lebih besar ketika aplikasi yang digunakan mengaktifkan mode gelap.

Dalam pemaparannya, Google menampilkan sebuah grafik berisi perbandingan antara penggunakan aplikasi YouTube dalam mode biasa dengan YouTube dalam mode gelap.

Hasilnya, Google mengklaim bahwa YouTube dalam mode gelap yang digunakan pada tingkat kecerahan layar 50 persen dapat membuat ponsel lebih irit 14 persen dari biasanya.

Sedangkan, mode gelap aktif dengan kecerahan layar 100 persen, konsumsi daya baterai bisa lebih irit hingga 60 persen.

Perbandingan konsumsi daya perangkat Android saat menjalankan aplikasi YouTube dalam dark mode dan non-dark mode, menurut pengujian Google.Google Perbandingan konsumsi daya perangkat Android saat menjalankan aplikasi YouTube dalam dark mode dan non-dark mode, menurut pengujian Google.

Dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Senin (12/11/2018), selain membuat baterai lebih irit, mode gelap juga mengurangi potensi kelelahan mata akibat tampilan layar yang terang. Sehingga waktu penggunaan gadget pun bisa lebih lama.

Berapa aplikasi bikinan Google seperti YouTube, Maps, dan Chrome sudah menyediakan opsi dark mode yang bisa diaktifkan oleh pengguna.

Baca juga: "Mode Gelap" YouTube Sudah Tersedia di Semua Perangkat Android

Di level OS,  Android 9 Pie secara gamblangmenyediakan pilihan mode gelap, yakni di menu Settings > Display > Device Theme.

Ada juga vendor smartphone Android yang mengimplementasikan dark mode racikan sendiri lewat theme, misalnya Huawei dengan antarmuka EMUI besutannya. 



Sumber Slashgear
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X