Google Files di Android Kini Bisa Baca Isi Flashdisk USB

Kompas.com - 10/12/2018, 13:14 WIB
Ilustrasi Google Files di PerangkatEngadget Ilustrasi Google Files di Perangkat

KOMPAS.com - Software penelusur file bikinan Google, Files menggulirkan pembaruan dukungan operasi file via perangkat USB-OTG (On The Go).

Fitur itu disebut bakal memudahkan pengguna untuk menyalin serta memindahkan file dari ponsel Android ke penyimpanan eksternal yang punya colokan USB, atau sebaliknya.

Ini artinya, pengguna bisa menghubungkan ponselnya bukan hanya dengan flashdisk USB saja, melainkan juga hard disk eksternalatau pembaca kartu memori (memory card reader) untuk melakukan backup dokumen, musik, atau video.

Sebelumnya, pengguna diketahui tak bisa melakukan aktifitas demikian. Padahal, aplikasi serupa seperti ES Explorer atau APUS File Manager sudah punya fitur ini.

Dengan kehadiran kemampuan pengoperasian dokumen tersebut, pengguna tak perlu pakai aplikasi pihak ketiga, seperti dua tersebut diatas, lantaran sudah ada di aplikasi Files.

Baca juga: Fitur Baru ShareIt Permudah Transfer File dari dan ke Smartphone

Di samping memudahkan pengguna memindahkan file antar perangkat, sang raksasa pencari juga mendatangkan tampilan struktur tata folder.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat letak berkas secara tersusun agar pengguna bisa melihat dengn mudah dimana tepatnya mereka menyimpan atau mencari sebuah berkas.

Lebih lanjut, aplikasi bikinan raksasa asal Mountain View ini juga melakukan beberapa perbaikan "bug". Sayangnya, tidak dijelaskan secara rinci apa saja yang diperbaiki.

Nah, untuk menikmati semua fitur ini, dilansir KompasTekno dari 9to5 Google, Senin (10/11/2018), pengguna dapat melakukan pembaruan sang aplikasi terkait ke versi terbaru lewat toko aplikasi Google Play Store.

Sebagai informasi, Files tadinya bertajuk Files Go. Penggantian nama itu dilakukan dalam rangka menyambut pembaruan serta penyegaran tampilan Material ala raksasa pencari ke sang aplikasi penelusuran dokumen tersebut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X